Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Realitas KOMPAS TV Dalam Menggunakan YouTube Sebagai Sarana Menyebarluaskan Berita

Garmabrata, Galuh (2014) Realitas KOMPAS TV Dalam Menggunakan YouTube Sebagai Sarana Menyebarluaskan Berita. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
REALITAS KOMPAS TV DALAM MENGGUNAKAN YOUTUBE SEBAGAI SARANA MENYEBARLUASKAN BERITA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penggunaan media baru seperti YouTube banyak dimanfaatkan oleh khalayak sebagai sarana penyebaran informasi. KOMPAS TV sebagai media massa berbasis televisi yang mengaplikasikan YouTube untuk menyebarluaskan hasil tayangan berita. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui fenomena serta realitas apa saja yang terjadi pada proses penyebaran informasi (tayangan berita) melalui situs berbagi video, YouTube. Penelitian ini menggunakan pendekatan realitas sosial dari Max Weber dengan paradigma pada manajemen media massa dari Harold D. Laswell dan Schramm yang mengutamakan tujuan dan motivasi dibalik pengaplikasian media baru pada salah satu strateginya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif melalui paradigma post-positivis dengan melakukan teknik wawancara mendalam, observasi, serta studi dokumentasi. Data diperoleh dari hasil wawancara kepada bagian Video Distribution, YouTube Strategist, dan informan pendukung, yaitu orang yang mengakses tayangan berita KOMPAS TV di YouTube. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh melalui wawancara kepada semua narasumber, terdapat strategi dan manajemen media massa yang cukup efektif dalam mengelola tayangan ke YouTube sehingga memberikan manfaat terhadap penonton dan KOMPAS TV sendiri. Sedangkan pada pengelolaannya, KOMPAS TV membagi dua kanal, yaitu Kompas TV News Channel (konten program�program berita) dan Kompas TV YouTube Channel (konten program-program hiburan). Disamping itu, terdapat pula hambatan-hambatan yang terjadi pada pengelolaan video yang diunggah ke laman YouTube. Kesimpulan dari hasil penelitian ini, bahwa realitas yang terjadi pada KOMPAS TV dalam menggunakan YouTube untuk menyebarluaskan tayangan berita begitu beragam, dari mulai strategi yang digunakan oleh tim, penonton yang cukup puas dengan tayangan YouTube-nya, hingga beberapa hambatan yang ada pada proses pengelolaan hasil tayangannya.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorDimyati, Idi197810152005011001
Thesis advisorYusanto, Yoki197905022006041016
Additional Information: Nowadays, new media such as YouTube is frequently used by the public as facility to distribute information. KOMPAS TV as a television basic mass media that applies YouTube for distributing news. The purpose of this research is to find out the phenomenon and reality which happened during the process of distributing information (news) through video sharing website, YouTube. This research uses Max Weber’s social reality approach with Harold D. Laswell and Schramm’s mass media management paradigm which emphasizing the purpose and motivate behind the application of new media on one of their strategy. The research method used is a qualitative research method with a descriptive approach through post-positivist paradigm by conducting in-depth interview, observation, and documentation study. Data is acquired from interview with Video Distribution Department, YouTube Strategist, and supporting informant, who is people that accessing KOMPAS TV news program on YouTube. Based on research result which acquired through interview with all of resources, there’re strategy and mass media management that effective enough in managing news program to YouTube so that giving benefit to all the audience and KOMPAS TV itself. As for the managing, KOMPAS TV divides it into two different channels, KOMPAS TV News Channel (news program) and KOMPAS TV YouTube Channel (entertainment program). But, there’re also some obstacles in managing uploaded video into YouTube website. From this research result, researcher conclude that reality that happens in KOMPAS TV using YouTube to distribute news program are so diverse. It can be seen from the strategy that used by YouTube team, the satisfied KOMPAS TV YouTube audience, and also some obstacles and problems that occur in managing the YouTube program itself
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: realitas sosial, manajemen media massa, berita, youtube, kompas tv
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:58
Last Modified: 24 Aug 2022 11:05
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12834

Actions (login required)

View Item View Item