Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

RANCANG BANGUN ALAT TRANSFER DAYA LISTRIK NIRKABEL DENGAN METODE INDUKSI RESONANSI MAGNETIK MENGGUNAKAN ANTENA BERBAHAN TEMBAGA DAN ALUMINIUM

Immanuel, Erick (2014) RANCANG BANGUN ALAT TRANSFER DAYA LISTRIK NIRKABEL DENGAN METODE INDUKSI RESONANSI MAGNETIK MENGGUNAKAN ANTENA BERBAHAN TEMBAGA DAN ALUMINIUM. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
RANCANG BANGUN ALAT TRANSFER DAYA LISTRIK NIRKABEL DENGAN M2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan teknologi trasnfer daya nirkabel saat ini semakin pesat dengan berbagai penelitian yang dilakukan. Tujuan penelitian-penelitian tentang transfer daya nirkabel yang dilakukan di seluruh dunia adalah untuk meningkatkan efisiensi dalam mentransfer daya besar dengan meningkatkan jarak yang lebih jauh. Antena merupakan salah satu hal yang penting dalam sistem transfer daya tanpa kabel untuk memenuhi target tersebut. Oleh karena itu, penggantian bahan dari antena menjadi layak di uji untuk melihat efisiensi yang dihasilkan oleh antena tersebut. Pada penelitian ini, bahan aluminium digunakan sebagai antena untuk dibandingkan dengan bahan tembaga. Dari hasil pengujian, kombinasi antena aluminium-aluminium menunjukkan hasil efisiensi yang paling besar yakni 32,8 % pada jarak 20cm sedangkan kombinasi antena tembaga-tembaga menunjukkan efisiensi 23,5% pada jarak yang sama yaitu 20cm. Sedangkan pada jarak terjauh yaitu 50 cm, kombinasi aluminium-aluminium memiliki efisiensi sebesar 0,5 % dan kombinasi tembaga-tembaga memiliki efisiensi 0,4 %. Hal tersebut menunjukkan bahwa bahan aluminium layak dipertimbangkan dalam perancangan material antena alat transfer daya listrik tanpa kabel.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuhendar, Suhendar197505102008121005
Thesis advisorFirmansyah, Teguh198710212012121001
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : transfer daya listrik nirkabel, antena, efisiensi
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: 03-Fakultas Teknik
03-Fakultas Teknik > 20201-Jurusan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:54
Last Modified: 24 Aug 2022 08:59
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12821

Actions (login required)

View Item View Item