SUNARYA, NANA (2015) Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Berbasis Etnosains Pada Subkonsep Peranan Jamur Dalam Kehidupan Manusia (Untuk Siswa Kelas X MAN Balaraja). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
![]() |
Text
PROFIL KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA BERBASIS ETNOSAINS PADA SUBKONSEP PERANAN JAMUR DALAM KEHIDUPAN MANUSIA.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil keterampilan proses sains berbasis etnosains pada subkonsep peranan jamur dalam kehidupan manusia. Penelitian ini dilakukan di MAN Balaraja dengan menggunakan metode deskriptif, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 (MIA 1) yang berjumlah 36 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengamati memiliki nilai presentase 81,4%, kemampuan menggolongkan memiliki nilai presentase 93,1%, kemampuan meramal memiliki nilai presentase 72,2%, kemampuan menerapkan konsep memiliki nilai presentase 73,1%, kemampuan mengkomunikasikan memiliki nilai presentase 82,4% dan kemampuan merancang penelitian memiliki nilai presentase 86,5%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa profil keterampilan proses sains berbasis etnosains pada subkonsep peranan jamur dalam kehidupan manusia berada pada kategori baik dengan nilai presentase sebesar 83,1%
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | he aim of this study was to investigate and describe the students science process skills toward etnoscience approach in the sub concept role of fungi in human life. This research was held on MAN Balaraja and the method used was descriptive. The sampling was done by using purposive sampling techniques, the subject of this research consisted of 36 students of X1 (MIA 1) in MAN Balaraja. The results showed that the students science process skills consisted of six indicator; observasion skills with 81,4%, classification skills with 93,1%, predict skills with 72,2%, apply to concept skills with 73,1%, communication skills with 82,4% and research design skills with 86,5%. Based on the result, the profil of students science process skills with etnoscience approach was in good category with 83,1%. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: etnosains, keterampilan proses sains, peranan jamur dalam kehidupan manusia | |||||||||
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2022 14:56 | |||||||||
Last Modified: | 23 Aug 2022 11:17 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12809 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |