Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PROFIL INDIKATOR SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM PADA SUB KONSEP DIFUSI OSMOSIS DI SMAN 11 KOTA TANGERANG

RAHMAWATI, DIAN (2015) PROFIL INDIKATOR SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM PADA SUB KONSEP DIFUSI OSMOSIS DI SMAN 11 KOTA TANGERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PROFIL INDIKATOR SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM PADA SUB KONSEP DIFUSI OS~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil indikator sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran berbasis praktikum pada sub konsep difusi osmosis. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI MIA 3 SMA Negeri 11 Kota Tangerang semester I tahun ajaran 2014 – 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random sampling. Data penelitian diambil dengan menggunakan teknik non tes berupa angket dan lembar observasi sebagai instrumen. Indikator sikap ilmiah yang diukur pada penelitian ini yaitu rasa ingin tahu, jujur (objektif), optimis, toleran, terbuka, tekun, bekerja sama, berani, dan skeptis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata indikator sikap ilmiah tertinggi adalah optimis sebesar 84,72 dengan kategori sangat kuat. Nilai rata-rata tertinggi kedua adalah rasa ingin tahu dan toleran sebesar 84,37 dengan kategori sangat kuat. Nilai rata�rata indikator sikap ilmiah bekerja sama sebesar 82,63 dengan kategori sangat kuat. Nilai rata-rata indikator sikap ilmiah terbuka sebesar 80,55 dengan kategori kuat. Nilai rata-rata indikator sikap ilmiah jujur (objektif) dan tekun sebesar 78,12 dengan kategori kuat. Nilai rata-rata indikator sikap ilmiah berani sebesar 76,44 dengan kategori kuat. Sedangkan nilai rata-rata terendah indikator sikap ilmiah adalah skeptis sebesar 76,40 dengan kategori kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan profil indikator sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran berbasis praktikum tergolong ke dalam kategori kuat dengan skor angket sebesar 80,97%

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorErmila, Mila197509192003122002
Thesis advisorDARIFAH, SITI198002082010122002
Additional Information: This purpose of this research is to determine profile of a scientific attitude indicator students in practice based learning in the diffusion osmosis sub concept. This research was conducted on XI MIA 3 grade of SMAN 11 Kota Tangerang in the first semester of academic year 2014 – 2015. The method in this research was descriptive. Technique of sample was taken by random sampling. This instrument research taken by non-test technique measured using questionaires and observation sheets as an instrument. The indicator of scientific attitude which was measured in this study was a curiosity, honest (objective), optimistic, tolerant, open, diligent, cooperative, brave, and skeptical. The results showed that the average value of the highest scientific attitude indicator was optimistic at 84.72 with a very strong category. The average value of the second highest scientific attitude indicator was curiosity and tolerance of 84.37 with a very strong category. The average value of cooperative scientific attitude indicator at 82.63 with a very strong category. The average value of open scientific attitude indicator at 80.55 with a strong category. The average value of honest (objective) scientific attitude indicator and diligent at 78.12 with a strong category. The average value of brave scientific attitude indicator at 76.44 with a strong category. While the average value of the lowest indicators of scientific attitude was skeptical at 76.40 with a strong category. It can be concluded that profile of scientific attitude indicator of students in practice based learning classified into categories strong with the questionnaire score of 80,97%
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: sikap ilmiah, praktikum, difusi, osmosis, penelitian deskriptif.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:56
Last Modified: 23 Aug 2022 11:04
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12803

Actions (login required)

View Item View Item