Fitriani, Pipit and Nugroho, Kandung Sapto and Yulianti, Rina (2010) Indeks Kepuasan Masyarakat Bidang Perizinan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) Di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Serang. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text (Skripsi ANE)
SKRIPSI KOM Pipit Fitriani.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Pipit Fitriani, 031156, Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indeks Kepuasan Masyarakat Bidang Perizinan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Serang. Pembimbing I, Kandung Sapto Nugroho, S.Sos., M.Si. Pembimbing II, Rina Yulianti, S.IP., M.Si. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan masyarakat di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Serang. Dengan rumusan masalah yaitu seberapa besar indeks kepuasan masyarakat (IKM) di Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Serang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui indeks kepuasan mayarakat pada pelayanan publik. Subjek penelitian ini adalah masyarakat pengguna pelayanan yaitu sebanyak 150 responden. Instrumen dalam penelitian ini adalah pedoman umum penyusunan indeks kepuasan masyarakat yang ditetapkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dalam Kep. MENPAN No.25/2004. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survey. Dalam mengumpulkan data menggunakan angket, wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Teknik sample yang digunakan adalah sample insidental. Berdasarkan Hasil penelitian menunjukan bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan publik di Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Serang memperoleh nilai indeks 2,8181 dan nilai indeks kepuasan masyarakat setelah dikonversi adalah 70,45 sehingga mutu pelayanannya adalah “B”. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, nilai Indeks kepuasan Masyakat (IKM) di Kantor Pelayanan Terpadu Kabupaten Serang sudah mencapai nilai “baik”. Dengan diketahui nilai mutu di Kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Serang mendapat hasil yang baik secara keseluruhan walaupun dalam beberapa unsur masih ada unsur yang masih belum memenuhi nilai-nilai pada setiap unsur yang telah tercantum dalam Kep. MENPAN No.25/2004 sehingga peneliti memberikan saran adanya kebijakan tentang kepastian biaya dan harus lebih meningkatkan nilai-nilai pada setiap unsur agar masyarakat dapat lebih terlayani secara maksimal dengan melengkapi fasilitas kerja yang masih kurang untuk mengatasi persoalan-persoalan yang mengganggu pelayanan kepada masyarakat. Kata kunci : Indeks Kepuasan Masyarakat, Pelayanan Publik
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | ABSTRACT: Pipit Fitriani, 031156, Departement of Public Administration, Faculty of Social and Political Sciences, University of Sultan Ageng Tirtayasa, Public Satisfaction Index Licensing of Business In The Office Of Integrated Services One Door Serang District. Advisor I, Kandung Sapto Nugroho, S.Sos., M.Si. Advisor II, Rina Yuliani, S.IP., M.Si. The focus of this study was to determine people’s satisfaction at Integrated Services One Door Office Serang District. With the formulation of the problem is how big people’s satisfaction index in the Office Of The Integrated Services Serang Distric. The purpose of this study was to determine the satisfaction index of society in public service. The subject of this research is the public using the services of 150 respondents. Instuments in this study are general guidelines for preparing an index of public satisfaction is determined by the ministrer of administrative reform in kep. MENPAN No.25/2004. The method used in this research is descriptive quantitative survey approach. In collecting data using questionnaires, interviews , documentation and observation studies. Sample technique used is incidental sample. Based on the result showed that the index of public satisfaction with public services in the office of integrated services serang obtain an index value of 2.8181 and public satisfaction index value after conversion is 70.45 so the quality of service is the “B”. Based on the results of research conducted, the value of people took part in the satisfaction index in the office of integrated service serang district has reached a value of “good”. With the known value of the quality in the one door service office serang get good results overall, although in some elements are still there is an element that still has not met the values of every element that has been listed in Kep. MENPAN No.25/2004 so that researchers provide advice to the policy of cost certainty and should further increase the values on each element so that people can more optimally served by complementing the work facilities are still lacking to address problems that interfere with service to the public. Keywords : Public Satisfaction Index, Public Service |
Subjects: | H Social Sciences > Public Administration |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 63201-Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 14 Jan 2013 03:51 |
Last Modified: | 14 May 2013 08:16 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/128 |
Actions (login required)
View Item |