Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

POTENSI Pseudomonas sp. SEBAGAI AGEN HAYATI BLAS (Pyricularia oryzae cav.) PADI (Oryza sativa L.) SECARA In Vitro

Ubedah, Ubedah (2014) POTENSI Pseudomonas sp. SEBAGAI AGEN HAYATI BLAS (Pyricularia oryzae cav.) PADI (Oryza sativa L.) SECARA In Vitro. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
POTENSI PSEUDOMONAS SP. SEBAGA AGEN HAYATI BLAS (PYRICULARIA ORYZAE CAV) PADI (ORYZA SATIVA L.) S.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Salah satu penyakit utama tanaman padi adalah penyakit blas (Pyricularia oryzae cav.). Penyakit blas merupakan masalah utama pada padi gogo. Cendawan ini menyerang tanaman padi mulai dari stadia perkecambahan sampai fase pertumbuhan malai. Pengendalian yang banyak dikembangkan pada saat ini adalah pengendalian hayati dengan menggunakan mikroba antagonis dengan menggunakan Pseudomonas sp., yang memiliki keunggulan antara lain ramah lingkungan, tidak membahayakan makhluk hidup, biaya yang tidak mahal dan dapat memperoleh hasil pertanian yang aman bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Potensi Pseudomonas sp. sebagai agen hayati blas (Pyricularia oryzae cav.) padi (Oryza sativa L.) secara In Vitro. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pada bulan Juli-oktober 2014. Penelitian menggunakan percobaan satu faktor yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima ulangan. Perlakuan terdiri dari 6 isolat Pseudomonas sp. yang diperoleh dari perakaran tanaman padi berdasarkan hasil skrining awal dan 1 kontrol sebagai pembanding. Diameter zona bening pada setiap isolat bakteri Pseudomonas sp. berbeda nyata. Bakteri Pseudomonas sp. memiliki bentuk koloni yang berbeda-beda, bentuk-bentuk koloni bakteri bisa terlihat dengan cara menumbuhkan bakteri dengan menggunakan media PAB (Pseudomonas Agar base) dengan cara menggoreskan bakteri pada media cawan petri dan media agar miring yaitu di dalam tabung reaksi. Hasil pengujian menunjukkan pengujian antagonis secara In vitro mampu menghambat pertumbuhan (Pyricularia oryzae cav.) dimana penghambatan 6 isolat Pseudomonas sp. memiliki potensi yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bakteri perakaran padi yaitu Pseudomonas sp. berpotensi mengendalikan penyakit blas pada tanaman padi.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSaylendra, Andree197904202008011013
Thesis advisorHastuti, Dewi197810072005012002
Additional Information: This research was conducted to determine of Pseudomonas sp. as a biological agent for blast disease (Pyricularia oryzae cav.) of rice plants (Oryza sativa L.) through In Vitro. The research was conducted at the Bioteknology Laboratory of Agroecotechnology, Agriculture Faculty, Sultan Agung Tirtayasa University on July-October 2014. The research used one factor experiments arranged in a Completely Randomized Design (CRD) with five replications. Treatment was consisted of six Pseudomonas sp. isolates obtained from the roots of rice plants based on the results of the initial screening and 1 control for comparison. The result should that diameter of clear zone on each isolate Pseudomonas sp. significantly different. Pseudomonas sp. has a form different colonies, forms colonies of bacteria can be seen by growing bacteria using PAB medium (Pseudomonas Agar base) by means of scraping the bacteria on a petri dish and the media so that the media is slanted in a test tube. The test results showed the test antagonist in vitro to inhibit the growth (Pyricularia oryzae cav.) Meanwhile inhibition of 6 isolates of Pseudomonas sp. have good potential. The results showed that the bacterial rooting of rice Pseudomonas sp. potentially controlling blast disease in rice plants.
Uncontrolled Keywords: Salah satu penyakit utama tanaman padi adalah penyakit blas (Pyricularia oryzae cav.). Penyakit blas merupakan masalah utama pada padi gogo. Cendawan ini menyerang tanaman padi mulai dari stadia perkecambahan sampai fase pertumbuhan malai. Pengendalian yang banyak dikembangkan pada saat ini adalah pengendalian hayati dengan menggunakan mikroba antagonis dengan menggunakan Pseudomonas sp., yang memiliki keunggulan antara lain ramah lingkungan, tidak membahayakan makhluk hidup, biaya yang tidak mahal dan dapat memperoleh hasil pertanian yang aman bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Potensi Pseudomonas sp. sebagai agen hayati blas (Pyricularia oryzae cav.) padi (Oryza sativa L.) secara In Vitro. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium Agroekoteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa pada bulan Juli-oktober 2014. Penelitian menggunakan percobaan satu faktor yang disusun dalam Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan lima ulangan. Perlakuan terdiri dari 6 isolat Pseudomonas sp. yang diperoleh dari perakaran tanaman padi berdasarkan hasil skrining awal dan 1 kontrol sebagai pembanding. Diameter zona bening pada setiap isolat bakteri Pseudomonas sp. berbeda nyata. Bakteri Pseudomonas sp. memiliki bentuk koloni yang berbeda-beda, bentuk-bentuk koloni bakteri bisa terlihat dengan cara menumbuhkan bakteri dengan menggunakan media PAB (Pseudomonas Agar base) dengan cara menggoreskan bakteri pada media cawan petri dan media agar miring yaitu di dalam tabung reaksi. Hasil pengujian menunjukkan pengujian antagonis secara In vitro mampu menghambat pertumbuhan (Pyricularia oryzae cav.) dimana penghambatan 6 isolat Pseudomonas sp. memiliki potensi yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bakteri perakaran padi yaitu Pseudomonas sp. berpotensi mengendalikan penyakit blas pada tanaman padi.
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54211-Program Studi Agroekoteknologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:51
Last Modified: 23 Aug 2022 10:42
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12799

Actions (login required)

View Item View Item