Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

HUBUNGAN METODE KARYAWISATA DAN PENGUASAAN TEORI CERITA PENDEK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 10 KOTA SERANG

Hasugian, Christina (2013) HUBUNGAN METODE KARYAWISATA DAN PENGUASAAN TEORI CERITA PENDEK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 10 KOTA SERANG. S1 thesis, universitas sultan ageng tirtayasa.

[img] Text
Hubungan metode karya wisata dan penguasaan teori cerita pendek terhadap keterampilan menulis cerita pendek .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK Hubungan Metode Karyawisata dan Penguasaan Teori Cerita Pendek Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek Pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 10 Kota Serang Christina Hasugian 2222092177 Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang ditemukan oleh peneliti pada saat survei di SMP Negeri 10 Kota Serang. Peneliti menyimpulkan bahwa metode yang digunakan oleh guru kurang bervariasi dan kemampuan menulis cerita pendek siswa rendah. Kesimpulan ini berdasarkan hasil diskusi oleh guru bidang studi bahasa Indonesia. Berdasarkan ini, peneliti menggunakan judul “hubungan metode karyawisata dan penguasaan teori cerita pendek terhadap keterampilan menulis cerita pendek”. Dengan rumusan masalah: (1) apakah terdapat hubungan metode karyawisata terhadap keterampilan menulis cerita pendek pada siswa. (2) apakah terdapat hubungan penguasaan teori cerita pendek terhadap keterampilan menulis cerita pendek pada siswa. (3) apakah terdapat hubungan metode karyawisata dan penguasaan teori cerita pendek terhadap keterampilan menulis cerita pendek pada siswa. Penelitian ini menggunakan rumus korelasi ganda, yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dari metode yang digunakan, penguasaan teori cerita pendek, terhadap keterampilan menulis cerita pendek pada siswa. Berdasarkan hasil penelitian, ternyata tidak terdapat hubungan antara metode karyawisata dan penguasaan teori cerita pendek terhadap keterampilan menulis cerita pendek pada siswa. Ini dapat dilihat dari hasil (4,20 4,32). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini tidak memiliki pengaruh yang besar terhadap hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Metode karyawisata, penguasaan teori cerita pendek, menulis cerita pendek,

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHasani, Aceng196708201998021003
Thesis advisorherwan, herwan197306142003121001
Uncontrolled Keywords: Metode karyawisata, penguasaan teori cerita pendek, menulis cerita pendek
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Apr 2022 13:37
Last Modified: 14 Apr 2022 13:37
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12793

Actions (login required)

View Item View Item