Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA (Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Serang Tahun Ajaran 2013/2014)

WULANDARI AGUSTIN, DINA (2014) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA (Penelitian Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Serang Tahun Ajaran 2013/2014). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI REACT NTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (41MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan komunikasi matematik yang dimiliki siswa SMP dan sikap siswa terhadap matematika yang masih kurang. Sehingga dibutuhkan pembelajaran yang dapat mempermudah siswa untuk belajar aktif dan mengembangkan kemampuan komunikasi matematiknya. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah strategi REACT. Tujuannya untuk mengetahui kemampuan dan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang menggunakan strategi REACT lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, dan mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan strategi REACT. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan nonequivalent control group design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Serang tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling, dan terpilih dua kelas yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematik dan nontes berupa angket sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dan peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang menggunakan pembelajaran dengan strategi REACT lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional, serta siswa memiliki sikap yang sangat kuat terhadap pembelajaran matematika dengan strategi REACT. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka strategi REACT dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran matematika yang dapat diterapkan di kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorASIH VIVI YANDARI, INDHIRA196906292003122001
Thesis advisorFAKHRUDIN, FAKHRUDIN197807192010121001
Uncontrolled Keywords: Strategi REACT, Kemampuan Komunikasi Matematik, Sikap Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Apr 2022 12:54
Last Modified: 14 Apr 2022 12:54
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12786

Actions (login required)

View Item View Item