Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN METODE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas VIII Salah Satu SMP di Kota Cilegon)

Farmah, Elisha (2015) PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN METODE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMP (Penelitian Kuasi Eksperimen di Kelas VIII Salah Satu SMP di Kota Cilegon). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DENGAN METODE COOPERATIVE SCRIPT UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

The background of the research was low and less of systematic communication the independent of study. The result of interview at the one of Junior High School in Cilegon City show the systematic communication and the independent of study still low and not important. One of the solution to increase systematic communication and the independent of study is using scientific approach with cooperative script method. The purpose of the research to know final accomplishment from increase the systematic communication and the independent of study with apply studying use scientific approach with cooperative script method. The research conducted at the one of Junior High School in Cilegon City period study 2014/2015 with research of quasi experiment and design of non equivalent control group method. This research takes two samples by purposive sampling such as experiment class and control class. From the result of the research, have final accomplishment from increase the systematic communication and the independent of study have lesson use scientific approach with cooperative script method is better from student which have a lesson with the scientific approach.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNINDIASARI, HEPSI197803212005012002
Thesis advisorSETIANI, YANI197608212008012010
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendah dan kurangnya guru mengasah kemampuan komunikasi matematis serta pentingnya kemandirian belajar siswa SMP. Hasil wawancara yang dilakukan di salah satu SMP Negeri Kota Cilegon menunjukkan komunikasi matematis yang masih rendah dan kemandirian belajar yang masih dianggap tidak penting. Solusi untuk meningkatkan komunikasi matematis dan kemandirian belajar salah satunya adalah menggunakan pendekatan scientific dengan metode cooperative script. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian akhir dan peningkatan komunikasi matematis dan kemandirian belajar yang menerapkan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific dengan metode cooperative script. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Negeri Kota Cilegon tahun ajaran 2014/2015 dengan metode penelitian kuasi eksperimen dan desain penelitaian kelompok kontrol non ekuivalen. Penelitian ini mengambil dua sampel secara purposive sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada hasil penelitian, didapatkan pencapaian akhir dan peningkatan komunikasi matematis dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran menggunakan pendekatan scientific dengan metode cooperative script lebih baik dari siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan scientific.
Uncontrolled Keywords: Scientific Approach, Cooperative Script Method, Mathematics Communication, The Independent of Study Pendekatan Scientific, Metode Cooperative Script, Komunikasi Matematis, Kemandirian Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Apr 2022 12:49
Last Modified: 14 Apr 2022 12:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12785

Actions (login required)

View Item View Item