Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

IMITASI GAYA FASHION BAND OLEH FANS SEBAGAI BENTUK PRESENTASI DIRI

Gima, Gima (2016) IMITASI GAYA FASHION BAND OLEH FANS SEBAGAI BENTUK PRESENTASI DIRI. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
IMITASI GAYA FASHION BAND OLEH FANS SEBAGAI BENTUK PRESENTASI DIRI.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Research is begun with the interest of the author to the fashion style of Naif Fun Club as the fans of Music Band “Naif”. Naif Fun Club is a form for Naif lovers. Naif is a pop band which is founded in Jakarta City and has high popularity among people. The popularity of Naif is making this music band adorable not only for the music genre but also for the fashion style. Naif Fun Club as the fans of this band imitates the fashion style into daily life. The objective of research is to understand how self-presentation by Naif Fun Club through their fashion style is truly imitating the fashion style of Naif band. Theory used to analyze this phenomenon is social learning theory by Albert Bandura. Research method is qualitative. Informants are selected by certain criteria, and among other is the member of Naif Fun Club.Naif Fun Club fashion style, however, imitates the fashion style of Naif band, but it represents a form of impression management or their self-presentation to deliver their expression through non-verbal messages. The research showed that self presentation is the part of attentional processes and be proceed to next process. The research of impression management by Naif Fun Club is they got some pride.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJaiz, Muhammad197106292003121001
Thesis advisorRestu, Aliviana198107172006042003
Additional Information: Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap gaya fashion Naif Fun Club sebagai fans dari band Naif. Naif Fun Club merupakan suatu wadah bagi para pecinta band Naif. Naif adalah salah satu band beraliran pop yang berasal dari kota Jakarta dan memiliki popularitas yang cukup tinggi di semua kalangan. Kepopuleran Naif tidak hanya membuat mereka dikagumi karena musik yang mereka mainkan tetapi juga karena gaya fashion mereka. Hal ini membuat Naif Fun Club sebagai fans mereka akhirnya mengimitasi gaya fashion tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana presentasi diri yang dilakukan oleh Naif Fun Club melalui gaya fashion mereka yang merupakan hasil dari imitasi terhadap gaya penampilan band Naif. Teori yang digunakan untuk menganalisis fenomena ini adalah teori belajar social dari Albert Bandura. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, dan pemilihan informan telah ditentukan dengan ktiteria tertentu, yakni yang merupakan anggota Naif Fun Club. Gaya fashion Naif Fun Club yang merupakan hasil imitasi dari gaya penampilan Naif merupakan bentuk presentasi diri mereka yang berusaha mereka tunjukkan melalui pesan-pesan nonverbal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa presentasi diri merupakan proses perhatian dari Naif Fun Club yang dilanjutkan kepada proses-proses selanjutnya. Hasil dari pengelolaan kesan yang dilakukan Naif Fun Club adalah mereka mendapatkan suatu bentuk kebanggaan tersendiri.
Uncontrolled Keywords: Imitation, Self-Presentation, Naif Fun Club, Naif Imitasi, Presentasi Diri, Naif Fun Club, Naif
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Apr 2022 12:34
Last Modified: 14 Apr 2022 12:34
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12781

Actions (login required)

View Item View Item