Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

IDENTIFIKASI SERANGGA YANG TERPERANGKAP KANTONG SEMAR (Nepenthes gymnamphora) DI GUNUNG ASEUPAN PANDEGLANG BANTEN (Sebagai Sumber Belajar bagi Siswa SMA Kelas X padakonsep Keanekaragaman Hayati)

Rangkuti, Azhari (2015) IDENTIFIKASI SERANGGA YANG TERPERANGKAP KANTONG SEMAR (Nepenthes gymnamphora) DI GUNUNG ASEUPAN PANDEGLANG BANTEN (Sebagai Sumber Belajar bagi Siswa SMA Kelas X padakonsep Keanekaragaman Hayati). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
IDENTIFIKASI SERANGGA YANG TERPERANGKAP PADA KANTONG SEMAR (NEPENTHES) DI GUNUNG ASEUPAN PANDEGLA.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

This study aimed to identificy the insects consumed by Nepenthes gymnamphora in the area of Aseupan Mountain Pandeglang Banten. Sampling was conducted by swapping method by taking insects directly from inside of the N. gymnamphora pitcher within 25m of climbing area. Insects that trapped inside are beetle larvae (Coleptera), beetles (Curculionidae), larvae of mosquitoes (Diptera), flies (Diptera sp.), crickets (Gryllidaesp), Termite (Hymenoptera sp) and ants (Hymenoptera sp) of the subfamily Formicinae, Dolichoderinae, Pseudomyrmicinae, Myrmicinae, and Dorylinae. Research resultsobservation contained in the form of lesson plans and instructional posters for first grade high school students in the material biodiversity, the exam of poster using one responden, one lecture, two teachers that competent in biology department with average scores 80,8% with categories very good

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFirdaus, Najmi198003112005011002
Thesis advisorRachmawati, Dian198412242009122005
Additional Information: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi atau mengetahui serangga yang terperangkap oleh kantung semar (Nepenthes gymnamphora) di kawasan Gunung Aseupan Kabupaten Pandeglang Banten. Pengambilan sampel dilakukan pada bulan Desember 2014 dengan menggunakan metode jelajah dengan mengambil langsung seranggadari dalam kantong N. gymnamphora dengan jarak sekitar 25 m dari jalur pendakian. Serangga yang terdapat di dalamnya yaitu Ordo Diptera terdiri dari larva nyamuk dan lalat, Ordo Coleoptera yaitu kumbang moncong (Curculionidae), dan larva kumbang, Ordo Orthoptera yaitu jangkrik (Gryllidae) dan Ordo Hymenoptera yaitu laron dan semut yang terdiri dari beberapa subfamili antara lain Formicinae (genus Camponotus, Paratrechina, Polyrachis) Dolichoderinae (genus Dolichoderus), Pseudomyrmicinae (genus Tetraponera), Myrmicinae (genus Tetramorium), dan Dorylinae (Aenictus). Hasil penelitian ini kemudian dituangkan dalam bentuk RPP dan poster sebagai sumber belajar siswa SMA kelas 1 dalam materi keanekaragaman hayati, hasil uji kelayakan poster dilakukan menggunakan responden satu orang dosen dan dua orang guru yang kompeten dibidangnya terutama biologi, dengan memperoleh skor rata-rata 80,8% dengan kategori sangat baik.
Uncontrolled Keywords: Nepenthes, Identification, Aseupan Mountain, learning source
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Apr 2022 12:08
Last Modified: 14 Apr 2022 12:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12757

Actions (login required)

View Item View Item