Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS TINDAK TUTUR GURU TAMAN KANAK-KANAK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI TK PERMATA SAFIRA SERANG

Afrianti, Fitria (2015) ANALISIS TINDAK TUTUR GURU TAMAN KANAK-KANAK DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI TK PERMATA SAFIRA SERANG. S1 thesis, universitas sultan ageng tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS TINDAK TUTUR GURU TAMAN KANAK-KANAK DALAM PROSES BELAJAR DI TK PERMATA SAFIRA SERANG.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini memiliki dua tujuan, yaitu tujuan penelitian umum dan khusus, Tujuan umum dalam penelitian ini adlah untuk mnegetahui mengenai tindak tutur direktif guru taman kanak-kanak dalam proses belajar mengajar di TK Permata Safira Serang. tujuan khususnya adalah menemukan jenis tindak tutur direktif guru taman kanak-kanak dalam proses belajar mengajar dan mendeskripsikan bentuk tuturan dari jenis tindak tutur direktif guru taman kanak-kanak dalam proses belajar mengajar di TK Permata Safira Serang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan bentuk tuturan tersebut. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada 1 sampai dengan 6 desember 2014. TEmpat yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah TK Permata Safira. Beralamat di Jl. Lingkar selatan Komplek Permata Safira Regency Blok E4 No.1 Rt.03/Rw.03 Kelurahan Sepang, Kecamatan Taktakan, kota serang provinsi Banten. Sumber data dalam penelitian ini yaitu teknik studi pustaka., teknik dokumentasi,teknik observasi, teknik simak, dan teknik catat. Data dari tiga kelas kelompok belajar peneliti menemukan jenis tindak tutur direktif yang terdiri atas, kelas A tindak tutur direktif menyeluruh (TTDMH), tindak tutur direktif menasihati (TTDMI), tindak tutur direktif menyarankan (TTDMN), tindak tutur direktif mennantang (TTDMG), dan tindak tutur direktif memohon (TTDMHN), kelas B kecil tindak tutur direktif menyeluruh (TTDMH), tindak tutur direktif menasihati (TTDMI), tindak tutur direktif menyarankan (TTDMN), dan tindaktutur direktif mennatang (TTDMNG), sedangkan kelas B besar tindak tutur direktif menyeluruh (TTDMH), tindak tutur direktif menasihati (TTDMI), tindak direktif menantang (TTDMG), dan tindak tutur direktif memohon (TTDMHN). Kata Kunci :L tindak tutur direktif, guru, anak usia prasekolah, metode kualitatif.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorHilaliyah, Tatu196503182005012001
Thesis advisorTisnasari, Sundawati198511112010122004
Uncontrolled Keywords: tindak tutur direktif, guru, anak usia prasekolah, metode kualitatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Apr 2022 12:17
Last Modified: 15 Jun 2022 11:49
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12753

Actions (login required)

View Item View Item