Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN PADA PT. RAJAGRAFINDO PERSADA

SYAHPUTRA, YUDHI ARYA (2012) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENARIK MINAT KONSUMEN PADA PT. RAJAGRAFINDO PERSADA. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text
skripsi yudhi 083164 - Copy.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yudhi Arya Syahputra/ 6662083164/ Skripsi/ Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Menarik Minat Konsumen pada PT. RajaGrafindo Persada/ Ilmu Komunikasi/ Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik/ Universitas Sultan Ageng Tirtayasa/ 2012. Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran PT. RajaGrafindo Persada merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang usaha penerbitan buku yang menerbitkan buku-buku perguruan tinggi dan bukubuku pilihan atau umum. Survai UNESCO menunjukkan Indonesia sebagai negara dengan minat baca masyarakat paling rendah di Asean. Maka dari itu rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT. RajaGrafindo Persada dalam menarik minat konsumennya. Model praktik komunikasi pemasaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah 4 Ps, yaitu product strategy, price strategy, place strategy, dan promotion strategy oleh Harmaizar Zaharuddin. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian ini adalah bahwa PT. RajaGrafindo Persada telah menerapkan 4 (empat) elemen bauran pemasaran dalam menjalankan strategi komunikasi pemasarannya. Strategi produk yang dilakukan oleh PT. RajaGrafindo Persada adalah lebih memperhatikan kepada 4 (empat) unsur yaitu kualitas produk, merek, kemasan dan label, dan garansi. Strategi harga yang dilakukan oleh PT. RajaGrafindo Persada yaitu dengan memberikan potongan harga pada acara-acara seperti pameran atau bazar buku, selain itu juga memberikan harga promosi pada saat launching buku terbaru. Strategi distribusi yang dilakukan oleh PT. RajaGrafindo Persada adalah dengan melakukan strategi dua tingkat, yaitu dengan menyalurkan buku-bukunya kepada kantor perwakilan yang tersebar di seluruh Indonesia kemudian setelah itu dipasarkan ke pedagang kaki lima maupun modern outlet. Sedangkan untuk strategi promosi, PT. RajaGrafindo Persada melakukan promosi melalui kerjasama dengan kampus untuk melakukan kegiatan seperti seminar, bedah buku, workshop, pengadaan buku perpustakaan dan lain-lain. Pada kesimpulannya, PT. RajaGrafindo Persada telah menerapkan keempat elemen dalam bauran pemasaran yang dijadikan bahan acuan dalam menjalankan tujuannya untuk menarik minat konsumen.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Yudhi Arya Syahputra/ 6662083164/ Thesis/ Marketing Communication Strategies in Attracting Consumer Interest of PT. RajaGrafindo Persada/ Communication Science / Faculty of Social and Political Sciences/ University of Sultan Ageng Tirtayasa/ 2012. Keyword : Marketing Communication PT. RajaGrafindo Persada is a company engaged in book publishing business which publishes books and college books or public choice. UNESCO survey showed Indonesia as the country with the lowest reading in Asean. Therefore the formulation of the problem in this research is how the marketing communication in attracting consumer interest conducted by PT. RajaGrafindo Persada. Marketing communications practice model used in this research were four Ps, namely product strategy, price strategy, place strategy, and promotion strategy by Harmaizar Zaharuddin. This research uses qualitative research methods to the type of descriptive research. The result of this research is that the PT. RajaGrafindo Persada has implemented four elements of marketing mix in running marketing communication strategy. Product strategy is carried out by PT. RajaGrafindo Persada is more attention to the four elements of the quality of the product, brand, packaging and labeling, and warranties. Price strategy is carried out by PT. RajaGrafindo Persada is to give discounts on special event such as exhibition or book fairs, while also providing promotional price at the time of launching the latest books. Place strategy is carried out by PT. RajaGrafindo Persada is to do a two-level strategy, namely to distribute the books to the representative offices spread all over Indonesia and then later sold to street vendors and modern outlets. As for the promotion strategy, PT. RajaGrafindo Persada promotion in cooperation with the college to conduct activities such as seminar, book review, workshop, procurement of books and other library. Besides, PT. RajaGrafindo Persada promotion through personal selling at fairs and events promoting the use of corporate website and social networking sites. In conclusion, PT. RajaGrafindo Persada have implemented the four elements of the marketing mix is used as a reference in carrying out its goal to attracting consumer interest.
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 04 Mar 2019 07:45
Last Modified: 04 Mar 2019 07:45
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1275

Actions (login required)

View Item View Item