Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERJUANGAN PEREMPUAN DALAM NOVEL 9 DARI NADIRA KARYA LEILA S. CHUDORI DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA

YANTI, WINDI (2015) PERJUANGAN PEREMPUAN DALAM NOVEL 9 DARI NADIRA KARYA LEILA S. CHUDORI DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SMA. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERJUANGAN PEREMPUAN DALAM NOVEL 9 DARI NADIRA KARYA LEILA S. CHUDORI DAN RENCANA PELAKSANAAN PEM.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan bentuk perjuangan perempuan (Nadira, Kemala, dan Nina) di dalam keluarga, ekonomi, pendidikan, dan masyarakat yang terdapat dalam novel 9 dari Nadira karya Leila S. Chudori. (2) Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran apresiasi sastra di SMA dengan menggunakan novel 9 dari Nadira karya Leila S. Chudori dengan menggunakan novel 9 dari Nadira karya Leila S. Chudori. Adapun fokus penelitian ini adalah perjuangan perempuan (Nadira, Kemala, dan Nina) dengan menggunakan pendekatan feminisme dalam novel 9 dari Nadira karya Leila S. Chudori. Pengajaran sastra di SMA pada dasarnya bertujuan agar peserta didik memiliki rasa peka terhadap karya sastra, sehingga mereka terdorong dan tertarik untuk membacanya. Perjuangan perempuan dalam novel 9 dari Nadira karya Leila S. Chudori merupakan alternatif pembelajaran sastra di SMA kelas XII pada pengajaran novel, peserta didik tingkat SMA dapat menganalisis unsur intrinsik dengan tahap yang sederhana. Peserta didik dapat menganalisis sebuah novel berdasarkan beberapa pendekatan sastra yang ada, salah satunya ialah pendekatan feminisme. Pendekatan feminisme adalah suatu pendekatan sastra yang memfokuskan pada gerakan kaum perempuan untuk memperoleh persamaan hak dan menyamakan kedudukan perempuan dalam segala bidang kehidupan. Diharapkan guru dapat mengajak peserta didik melakukan praktik analisis sastra, bukan hanya memberi teori saja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Tujuan umum dari metode ini adalah untuk menunjukan bagaimana tokoh perempuan (Nadira, Kemala, dan Nina) dalam novel 9 dari Nadira karya Leila S. Chudori berjuang di dalam keluarga, ekonomi, pendidikan, dan masyarakat serta mengetahui adanya aspek feminisme dalam novel 9 dari Nadira karya Leila S. Chudori. berdasarkan hasil penelitian yang ada, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat disusun Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) sastra di SMA dengan menggunakan novel 9 dari Nadira karya Leila S. Chudori.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFirmansyah, Dodi197611242001121002
Thesis advisorHusnul Mawadah, Ade197906292005012004
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Perjuangan Perempuan, Feminisme.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:49
Last Modified: 12 Sep 2022 14:14
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12740

Actions (login required)

View Item View Item