Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERENCANAAN BUNDARAN PADA SIMPANG (Studi Kasus Jalan Jenderal Sudirman – Jalan Kyai H. Yasin Beji – Jalan Warnasari – Jalan Semang Raya, Cilegon)

FAUZIAH, SIVA (2014) PERENCANAAN BUNDARAN PADA SIMPANG (Studi Kasus Jalan Jenderal Sudirman – Jalan Kyai H. Yasin Beji – Jalan Warnasari – Jalan Semang Raya, Cilegon). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERENCANAAN BUNDARAN PADA SIMPANG (Studi Kasus Jalan Jenderal Sudirman –.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Simpang Jalan Jenderal Sudirman – jalan Kyai H.Yasin Beji – jalan Warnasari – Jalan Semang Raya adalah salah satu simpang di Kota Cilegon yang memiliki permasalahan lalu lintas. Dimana pada jam-jam tertentu tepatnya jam puncak seperti pagi hari, siang hari dan sore hari sering terjadi masalah lalu lintas karena pada simpang ini melayani arus lalu lintas ke arah pusat Kota Cilegon, Kawasan Perindustrian, Komplek Perumahan PT. Krakatau Steel dan Damkar. Tingginya volume lalu lintas yang melewati simpang ini menyebabkan terjadinya pertemuan kendaraan yang cukup padat. Oleh karena itu diperlukan pengendalian persimpangan. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan bundaran pada simpang bersinyal dengan perencanaan bundaran untuk 10 tahun ke depan serta dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997). Pengambilan data volume lalu lintas adalah dengan melakukan survei pada jam puncak pagi, siang dan sore dalam 1 hari. Hasil dari survei didapat volume lalu lintas tertinggi sebesar 7.286 kend/jam yang terjadi pada jam 07.00-08.00. Pada perhitungan analisa kinerja simpang menyatakan bahwa keadaan simpang (eksisting) sudah dalam kondisi jenuh dengan DS ൐ 0,75. Perencanaan bundaran atau tipe jalinan yang didapat adalah R14-22. Hasil analisa kinerja bundaran perencanaan 10 tahun dengan i=7,35% (kendaraan roda 4 atau lebih) dan i=15,62% (kendaraan roda 2), didapat DS pendekat A = 0,61, DS pendekat B =0,70, DS pendekat C=0,74, DS pendekat D=0,16. Hal ini menyatakan bahwa pengendalian persimpangan dengan bundaran mampu mempertahankan kejenuhan sampai dengan tahun ke-10 dengan DS pada semua pendekat ൑ 0,75. Total RAB untuk pekerjaan perkerasan aspal Laston (AC), penimbunan tanah bundaran, pemasangan kanstin, pekerjaan taman dan pengecatan kanstin adalah Rp. 466.716.269,-

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPradana, Fakhruriza198107232006041002
Thesis advisorMaddeppungeng, Andi195910171988031003
Additional Information: ersection on Sudirman road – Kyai H.Yasin Beji road – Warnasari road - Semang raya road is the one of intersection in Cilegon city who has much traffic problems. Which is on rush hour in morning, afternoon and evening usually have much traffic problems because in that intersection serving traffic flow to centre of the city, industry area, PT. Krakatau Steel and Damkar housing complex. High volume of that cause crowd vehicle meeting point. Therefore need a intersection control. The purpose of this research is going to planning a roundabout at signal intersection for next 10 years combine with planning of budget (RAB). This research used manual capacity Indonesia road (MKJI 1997). Retrieval the data volume of raffic with doing a survey at rush hour in the morning, afternoon and evening in one day. Result from the survey is the highest traffic as big as 7.286 vechicle/hour that happened in 07.00-08.00. The calculation of the statement the condition of intersection (existing) already in a state of saturation with DS ൐ 0,75. Circle planning or roundabout type that achieve is R14-22. The result of roundabout planning performance next 10 years with i=7,35% (four wheel drive or more) and i=15,62% (motorcycle) obtained DS close A=0,61, DS close B=0,70, DS close C=0,74, DS close D=0,16. In this point has a statement that intersection control can defend saturation point until next 10 years with DS with all close 0,75. Total budget and planning (RAB) for a pavement road of Laston (AC), landfill roundabout, canstin installation, the marking of park, canstin painting that all spent Rp. 466.716.269,-
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: MKJI 1997, Simpang Bersinyal, Jalinan, Bundaran, Rencana Anggaran Biaya (RAB).
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: 03-Fakultas Teknik > 22201-Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:44
Last Modified: 22 Aug 2022 14:15
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12729

Actions (login required)

View Item View Item