Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Rawu Kota Serang)

NERISSA ARVIANA SIHALOHO, ELISABETH (2015) PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn (Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Rawu Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERBEDAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PA.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih minimnya penggunaan model pembelajaran dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan guru selama ini dengan pembelajaran konvensional. Siswa tidak dilatih untuk ikut serta aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan aktivitas siswa pada mata pelajaran PPKn setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi pada siswa kelas IV SD Negeri Rawu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi ekpserimen, sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Ada dua kelas dalam penelitian ini, yaitu kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Kelompok kontrol yaitu siswa kelas IV-A yang terdiri dari 31 siswa yang diberikan pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen yaitu siswa kelas IV-B yang terdiri dari 31 siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi tes hasil belajar berupa pretest dan posttest serta nontes berupa lembar observasi aktivitas siswa dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional, dapat dilihat dari uji-t yaitu - 2,000 < 3,512 > + 2,000, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn. Aktivitas siswa kelas eksperimen mendapat hasil sebesar 90% dan kelas kontrol sebesar 70%. Dengan demikian, aktivitas siswa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe artikulasi lebih baik daripada aktivitas siswa kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorJamaludin, Ujang19770801200501002
Thesis advisorRahman Hakim, Zerri198003312010121002
Additional Information: This research is motivated by the lack of use of the learning model is still in the learning process. The learning model used for this teacher with conventional learning. Students are not trained to participate actively in the learning process. This study aims to determine the differences in learning outcomes and student activities on subjects PPKn after using cooperative learning model articulation in the Elementary School fourth grade students Rawu. The method used is the method of quasi ekpserimen, while the design of the study is nonequivalent control group. There are two classes in this study, the control group and the experimental group. Control group of students of class IV-A which consists of 31 students were given conventional learning and classroom experiments that students of class IV-B which consists of 31 students were given treatment using cooperative learning model articulation. The data collection techniques was conducted on the test results in the form of pretest and posttest study and observation sheets nontes form of student activities and documentation. Based on the results of the study indicate that there are significant differences between the results of student learning using cooperative learning model articulation with the use of conventional learning, it can be seen from the t-test is - 2.000 <3.512> 2.000 +, then Ho is rejected and Ha accepted. This means that there are significant implementation of cooperative learning model articulation on student learning outcomes in subjects Civiv Education. Activity experimental class students received the results of 90% and 70% control class. Thus, the activity of the experimental class students using cooperative learning model articulation is better than the activity of the control class using conventional learning.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Hasil Belajar PPKn, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:45
Last Modified: 22 Aug 2022 10:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12721

Actions (login required)

View Item View Item