Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI KOLOM “TAJUK RENCANA” KORAN KOMPAS EDISI NOVEMBER 2014 DAN USULAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MENULIS DI KELAS XII SMA.

Sukliawanti, Nopa (2015) ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI KOLOM “TAJUK RENCANA” KORAN KOMPAS EDISI NOVEMBER 2014 DAN USULAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) MENULIS DI KELAS XII SMA. S1 thesis, universitas sultan ageng tirtayasa.

[img] Text
ANALISIS KOHESI DAN KOHERENSI KOLOM “TAJUK RENCANA” KORAN KOMPAS EDISI NOVEMBER 2014 DAN USULAN R.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Wacana pada dasarnya merupakan unsur bahasa yang bersifat pragmatis. Oelh karena itu, kajian wacana menjadi sangat penting dalam proses pembelajaran bahasa. Unsur yang sangat lengkap dan kompleks tersebut mencakup kohesi dan koherensi. Kohesi dalam wacana diartikan sebagai kepanduan bentuk yang secara striktural membenuk ikatan sintaktikal. Konsep kohesi pada dasarnya mengacu pada hubungan bentuk. Artinya, unsur-unsur wacana (kata atau kalimat) yang digunakan untuk menyusun suatu wacana meiliki keterkaitan secara padu dan utuh. Selain kohesi, koherensi juga merupakan unsur dalam wacana yang penting. Hubungan koherensi adalah suatu rangkaian fakta dan gagasan yang teratur yang tersusun secara logis. Koherensi dapat terjadi secara implisit (terselubung) karena berkaitan dengan bidang makna yang memerlukan interpretsi. Tujuan penelitian ini adalah (1) kohesi dan koherensi pada kolom tajuk rencana kompas edisi November 2014, (2) usulan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menulis di kelas XII SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterprestasi objek sesuai dengan apa adanya, dimana pengumpulan data untuk mengetes pertanyaan penelitian atau hipotesis yang berkaitan dengan keadaan dan kejadian sekarang. Berdasarkan hasil analisis di atas, maka secara umum tajuk rencana koran Kompas edisi november 2014 dapat dikatakan baik karena sudah mengandung undur kohesi dan koherensi yang tinggi. Halitu dapat dilihat dari penggunaan penanda kohesi pada tajuk rencana Kompas edisi November 2014 terdiri atas. Adapun penanda kohesi terdapat pada kata namun, tetapi, meskipun, dan, bekerja, negara, itu, dan, kita, karena, sekali lagi, merekalah, di dana, misalnya, janji-janji, tiga tahun-disusul-berikutnya, netul-betul, kaya-miskin, sedikit-banyak dan pada kata-kata pnenda koherensi yang menggunakan penekanan, pertentangan, hasil (simpulan), dan contoh. Usulan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajran (RPP) dibuat dengan memperhatikan kurikulum yang berlaku saat ini, yaitu KTSP. format penyususunan RPP pun telah tersusun secara sistematis. Berdasrkan hasil analisis data dan kesesuian dengan KTSP maka RPP ini dibuat pada jenjang SMA kelas XII semester I. Penyusunan RPP ini memusatkan pembelajaran menulis. Kata kunci: Kohesi dan Koherensi, Tajuk rencana, RPP.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRosidin, Odin197612222002121001
Thesis advisorErwin Juansah, Dase197707262003121001
Uncontrolled Keywords: Kohesi dan Koherensi, Tajuk rencana, RPP.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Apr 2022 11:08
Last Modified: 14 Apr 2022 11:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12710

Actions (login required)

View Item View Item