Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

ANALISIS DEIKSIS DALAM KUMPULAN CERPEN INIKAH BAHAGIA? KARYA FATMA ELLY SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN PEMBELAJARAN DISMA

NOPIANTI, INTAN (2014) ANALISIS DEIKSIS DALAM KUMPULAN CERPEN INIKAH BAHAGIA? KARYA FATMA ELLY SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN PEMBELAJARAN DISMA. S1 thesis, universitas sultan ageng tirtayasa.

[img] Text
analisi deiksis dalam kumpulan cerpen inikah bahagia karya fatma elly sebagai alternatif bahan pemelajaran di sma.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS DEIKSIS DALAM KUMPULAN CERPEN INIKAH BAHAGIA? KARYA FATMA ELLY SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN PEMELAJARAN DI SMA Oleh INTAN NOPIANTI 2222090626 Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesukaran dalam menafsirkan makna apabila referen/acuannya berpindah-pindah. Untuk mengetahui makna apa yang terkandung di dalamnya yang disebabkan suatu kata yang referen/acuannya berpindah-pindah maka dilakukan penelitian menggunakan analisis deiksis. Ada pun cerpen yang dipilih adalah buku kumpulan cerpen Inikah Bahagia? Karya Fatma Elly, yang merupakan cerpen penuh inspiratif dan sangat cocok apabila dijadikan bahan pemelajaran di SMA. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan ragam deiksis menurut Levinson dalam kumpulan cerpen Inikah Bahagia? Karya Fatma Elly dan mendeskripsikan rencana pelaksanaan pemelajaran yang sesuai dengan hasil analisis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik studi pustaka dan teknik dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelima ragam deiksis menurut Levinson terdapat pada buku kumpulan cerpen Inikah Bahagia? Karya Fatma Elly, yaitu deiksis persona berupa persona pertama tunggal dan jamak, persona kedua tunggal dan jamak, serta persona ketiga tunggal dan jamak. Kemudian, deiksis temporal, deiksis lokatif, deiksis sosial dan deiksis wacana berupa anafora dan katafora. Berdasarkan hasil analisis kumpulan cerpen Inikah Bahagia? Karya Fatma Elly telah memenuhi kriteria aspek kesesuaian pada aspek bahasa yang menjadi kriteria bahan ajar. Sehingga, kumpulan cerpen ini dapat dijadikan alternatif bahan pemelajaran Bahasa Indonesia di SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFirmansyah, Dodi197611242001121002
Thesis advisorHusnul Mawadah, Ade197906292005012004
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 88201-Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Apr 2022 09:53
Last Modified: 14 Apr 2022 09:56
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12687

Actions (login required)

View Item View Item