Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN TEKNIK SKIMMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENEMUKAN INFORMASI DARI TEKS BACAAN Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Citerep Kabupaten Serang

Sukreni, Sukreni (2014) PENERAPAN TEKNIK SKIMMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENEMUKAN INFORMASI DARI TEKS BACAAN Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SD Negeri Citerep Kabupaten Serang. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENERAPAN TEKNIK SKIMMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENEMUKAN INFORMASI DARI TEKS .pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

This research is motivated by the facts on the ground which showed the presence of slowness students in finding information, it is because the students are slow in reading, still focused on the words that are difficult and slow to understand the core readings. While information is the source of student's knowledge in developing lessons and to be able to follow developments outside. The problem in this study is the researchers wanted to know how teachers teach reading glance skimming techniques and how teachers improve students' reading skills through the application of skimming techniques to find information from the reading text? As for the goals to be achieved in this research is to improve the performance of teachers in Indonesian language learning through the application of techniques of skimming and enhance students' ability to find information from the reading text through skimming techniques, to achieve these objectives, the authors describe that begins from pre cycle of data obtained about students' ability to speed read is still very low. However once the actions are issued in the first cycle turns out there was an increase of 22%, and the second cycle of improvement increases to 26%. That means that the learning process is done by the class teacher in the teaching of reading and skimming techniques used in the Indonesian language learning, especially in learning speed reading can improve reading skills of students so that students can quickly and easily find and gather information from reading texts in a relatively short time . Based on the above results proved that the skimming technique used in the Indonesian language learning can improve students' reading skills, especially the ability to determine and collect as much information from various sources.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSUPRANI, SUPRANI195501181984031001
Thesis advisorROSIDIN, ODIEN197612222002121001
Additional Information: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan di lapangan yang menunjukan adanya kelambatan siswa dalam menemukan informasi, hal ini dikarenakan siswa lambat dalam membaca, masih terfokus pada kata-kata yang sulit dan lambatnya memahami inti bacaan. Sementara informasi merupakan sumber pengetahuan siswa dalam mengembangkan pelajaran dan untuk dapat mengikuti perkembangan di luar. Adapun masalah dalam penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui bagaimana guru mengajarkan menbaca sekilas dengan teknik skimming dan bagaimana guru meningkatkan kemampuan membaca siswa melalui penerapan teknik skimming untuk menemukan informasi dari teks bacaan ? adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ingin meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui penerapan teknik skimming dan meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan informasi dari teks bacaan melalui teknik skimming, untuk mencapai tujuan tersebut, penulis gambarkan yang diawali mulai dari pra siklus diperoleh data tentang kemampuan kecepatan membaca siswa masih sangat rendah. Namun setelah dibenikan tindakan pada siklus I ternyata terdapat peningkatan sebesar 22%, dan pada siklus II peningkatan bertambah 26%. Itu artinya proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru kelas dalam melaksanakan pengajaran membaca dengan teknik skimming yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya dalam pembelajaran membaca dapat meningkatkan kemampuan kecepatan membaca siswa sehingga siswa dengan cepat dan mudah menemukan dan mengumpulkan informasi dari teks bacaan dalam waktu yang relatif singkat. Berdasarkan hasil penelitian di atas terbukti bahwa teknik skimming yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan kemampuan membaca siswa khususnya dalam menentukan dan mengumpulkan informasi yang sebanyak banyaknya dari berbagai sumber.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Apr 2022 09:32
Last Modified: 14 Apr 2022 09:32
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12681

Actions (login required)

View Item View Item