Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

IDENTIFIKASI KOMUNITAS CACING PARASITIK PADA IKAN KUWE DAN IKAN LAYUR DI PPN KARANGANTU DAN PPP LABUAN

ABDILLAH, REAGI (2016) IDENTIFIKASI KOMUNITAS CACING PARASITIK PADA IKAN KUWE DAN IKAN LAYUR DI PPN KARANGANTU DAN PPP LABUAN. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
IDENTIFIKASI KOMUNITAS CACING PARASITIK.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Karangantu and Labuan waters play an important role in supplying marine fish species in Banten In the production process of fishery resources necessary to monitor the presence of parasitic worm that can cause damage to the fish. This research was conducted to identifity the of helminth parasites of giant travelly and sword fish from Karangantu and Labuan Fishing Port in May- June 2016. The research method used purposive sampling. The samples obtained from Karangantu and Labuan Fishing Port. Fish biology measurement was helminth parasites species identification at the Aquaculture Laboratory, Fisheries Department, Agriculture Faculty, Sultan Ageng Tirtayasa University. The research results that helminth parasites of giant travelly (47%±1.47 individu/fish) and sword fish (13%±1.88 individu/fish). This community is dominated Anisakis typica and the number of parasites do not differ in the location Karangantu and Labuan between IG and a body length of the fish.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorIndaryanto, Forcep Rio198109282008121003
Thesis advisorMustahal, Mustahal195912251979031001
Additional Information: Perairan Karangantu dan Perairan Labuan berperan penting dalam memasok jenis ikan laut di Provinsi Banten Dalam proses produksi sumberdaya hasil perikanan, Sehingga perlu adanya monitoring mengenai keberadaan cacing parasitik yang dapat menyebabkan kerusakan pada ikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi cacing parasitik pada ikan Kuwe dan ikan ikan Layur yang didaratkan di PPP Labuan dan PPN Karangantu. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai dengan Juni 2016. Sampel ikan diperoleh dari Labuan dan Karangantu. Pengukuran biologi ikan dan identifikasi spesies cacing parasitik dilakukan di Laboratorium Budidaya Perairan Jurusan Perikanan Fakultas Pertanian Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Metode yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian identifikasi komunitas cacing parasitik pada ikan kuwe dan layur di PPN Karangantu dan PPP Labuan jumlah cacing parasitik yang menginfeksi ikan sebayak 120 ekor, yaitu 60 ekor ikan layur dan 60 ekor ikan kuwe diperoleh 3 jenis cacing yang menginfeksi ikan kuwe dan layur pada saluran pencernaan usus dan lambung tidak berbeda yaitu Anisakis typica. (Nematoda) , philometra sp. (Nematoda) dan Lechitocladium angustonum (Digenea) dengan nilai prevalensi dan intensitas pada ikan kuwe (47%±1,00 individu/fish) dan ikan layur (25%±1,00 individu/fish). Komunitas ini didominasi Anisakis typica dan jumlah parasit tidak berbeda dilokasi Karangantu dan Labuan antara IG dan panjang tubuh ikan.
Uncontrolled Keywords: Carank melampygus, Helminth parasites, Karangantu, Labuan, Trichirius lepturus Cacing parasitik, Ikan kuwe, Ikan Layur, PPP Labuan, PPN Karangantu.
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 04-Fakultas Pertanian
04-Fakultas Pertanian > 54244-Program Studi Ilmu Perikanan
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 14 Apr 2022 09:08
Last Modified: 14 Apr 2022 09:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12677

Actions (login required)

View Item View Item