Hidayat, Nasrul (2012) POLA KOMUNIKASI ACCOUNT OFFICER PT. JAMSOSTEK SERANG. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text
SKRIPSI_POLA KOMUNIKASI ACCOUNT OFFICER PT JAMSOSTEK CABANG SERANG.pdf Download (899kB) | Preview |
Abstract
Nasrul Hidayat. NIM. 072957. Skripsi. Pola Komunikasi Account Officer PT. Jamsostek Cabang Serang. Account officer memiliki kehidupan komunikasi tersendiri, hal ini terjadi dikarenakan Account officer diharuskan mempunyai cara berkomunikasi yang baik khususnya dalam berkomunikasi dengan atasan, bawahan, divisi lain, atau pun dengan sesama Account officer yang ada di PT. Jamsostek Cabang Serang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola komunikasi pada Account Officer yang ada di PT. Jamsostek Cabang Serang. Penelitian ini dimulai dengan adanya teori/model Scrahmm. Teori/model ini mengatakan bahwa komunikasi merupakan suatu hal yang sangat dinamis, karena dalam prosesnya selalu terjadi umpan-balik (feedback) sehingga dapat mencapai saling kesepahaman antara komunikator dengan komunikannya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode desktiptif dengan pendekatan kualitatif. Karena tujuan pokok dari penelitian ini adalah menggambarkan dan memberikan penjelasan tentang pola komunikasi pada Account Officer yang ada di PT. Jamsostek Cabang Serang.Populasi penelitian adalah Account Officer yang ada di PT. Jamsostek Cabang Serang. Sementara informan penelitian yang diambil adalah 9 orang informan dengan menggunakan teknik networking sampling atau yang sering disebut Snowball Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan observasi dan wawancara secara mendalam. Hasil dan kesimpulan yang didapat peneliti dalam penelitian ini yaitu, komunikasi yang dilakukan oleh para account officer baik kepada atasan, bawahan, divisi lain, maupun sesama account officer sudah terjalin dengan baik, dan hal tersebut meningkatkan loyalitas dan rasa kepercayaan diantara anggota yang ada pada PT. Jamsostek Cabang Serang, baik baik kepada atasan, bawahan, divisi lain, maupun sesama account officer. Fakta baru yang terdapat dalam penelitian ini yaitu account officer mempunyai anggapan bahwa downward communication atau komunikasi ke bawah adalah kepada para bawahan. Karena pada kesehariannya, seorang account officer lebih sering melakukan komunikasi dengan para bawahan/peserta dibanding dengan pegawai lain yang jauh dibawah account officer, sehingga hal tersebut bisa menimbulkan pemahaman atau pola pikir yang baru mengenai komunikasi ke bawah.
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | Nasrul Hidayat. NIM. 072957. Thesis. The Pattern of Communication Accounts Officer PT. Jamsostek Serang Branch. Account officer has a life of its own communications, this happens because the account officer is required to have a good way to communicate especially in communicating with superiors, subordinates, other division, or even with fellow Account officer at PT. Jamsostek Serang Branch. The purpose of this study was to determine the communication patterns in the Account Officer at PT. Jamsostek Serang Branch. The study began with a theory/Scrahmm model. Theory/model says that the communication is a very dynamic thing, because it always happens in the process feedback (feedback) so as to achieve mutual understanding between the communicator with the communicant. The method used is desktiptif method with a qualitative approach. Because the main purpose of this study is to describe and to explain the patterns of communication in the Account Officer at PT. Jamsostek Serang Branch. Population research is Account Officer at PT. Jamsostek Serang Branch. While the research informants are 9 informants were taken using networking techniques or sampling that is often called the Snowball Sampling. Data collection techniques used is to make observations and interviews. The results and conclusions obtained in this research that researchers, communications made by the account officer either to superiors, customers, other divisions, as well as fellow accounts officer was well maintained, and it increased the sense of loyalty and trust among the members that exist in PT. Jamsostek Serang Branch, both good to the boss, clients, other divisions, as well as fellow accounts officer. New facts contained in this research that has the account officer or the assumption that downward communication is communication to its customers. Because everyday, an account officer is more frequent communication with clients / participants compared with other employees is far below the account officer, so that it could lead to an understanding or a new paradigm of downward communication. |
Subjects: | Communication > Communication (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 18 Feb 2019 08:08 |
Last Modified: | 18 Feb 2019 08:08 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1264 |
Actions (login required)
View Item |