Amalia Ningtyas, Rianti (2014) PENERAPAN TEKNIK PENUGASAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA CERITA RAKYAT BANTEN ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas V SDN Walantaka 2 Kecamatan Walantaka Kota Serang ). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENERAPAN TEKNIK PENUGASAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA CERITA RAKYAT BANTEN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
This research is motivated by the lack of reading skills and lack of interest in reading at the elementary school level, especially in class V. This study was conducted in SDN Walantaka 2 Walantaka Serang District of Academic Year 2014/2015. Learning techniques used are engineering assignments. The method used in this study is a classroom action research, which is conducted in a classroom that is collaborative between teachers and researchers with the aim of improving the performance of teachers and the quality of learning that increases student learning outcomes. The data were obtained with the following instruments: the observation and evaluation results of students. The procedure consisted of three stages: (1) action planning, (2) the implementation of the action consists of two cycles, and (3) the evaluation phase of the study that has been carried out. From the research results obtained by two cycles of the resulting increase in the average value of the students, 65,8 in the first cycle increased to 78,6 in the second cycle. Obtaining the value is proven by the results of the students who experienced an increase in the highest scores and decreased to the lowest score. This result is because students feel the improvement in the quality of learning by using techniques assignment.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya keterampilan membaca dan kurangnya minat terhadap membaca pada tingkat Sekolah Dasar, khususnya di kelas V. Penelitian ini dilakukan di SDN Walantaka 2 Kecamatan Walantaka Kota Serang Tahun Ajaran 2014/2015. Teknik pembelajaran yang digunakan adalah teknik penugasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan di kelas yang bersifat kolaboratif antara guru dan peneliti dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja guru dan kualitas pembelajaran sehingga hasil belajar siswa meningkat. Data penelitian diperoleh dengan instrument sebagai berikut : pedoman observasi dan hasil evaluasi siswa. Prosedur penelitian terdiri dari tiga tahap, yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan yang terdiri dari dua siklus, dan (3) tahap evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Dari hasil penelitian dua siklus diperoleh hasil peningkatan pada rata-rata nilai siswa, pada siklus I 65,8 meningkat menjadi 78,6 pada siklus II. Perolehan nilai tersebut terbukti dengan hasil nilai siswa yang mengalami peningkatan di skor tertinggi dan mengalami penurunan pada skor terendah. Hasil ini dikarenakan siswa merasakan peningkatan kualitas pembelajaran dengan menggunakan teknik penugasan. | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 13 Apr 2022 19:16 | |||||||||
Last Modified: | 13 Apr 2022 19:16 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12636 |
Actions (login required)
View Item |