Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAAN TTW (THINK, TALK, WRITE) DAN LEARNING CYCLE 5E PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI SMA NEGERI 2 PANDEGLANG

ISMAWATI, INA (2014) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAAN TTW (THINK, TALK, WRITE) DAN LEARNING CYCLE 5E PADA KONSEP SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI SMA NEGERI 2 PANDEGLANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAAN TTW (THINK, TALK, WRITE) DAN LEARNING CYCLE 5E P~1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang menggunakan model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaraan Learning Cycle 5E pada konsep sistem ekskresi manusia. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 2 Pandeglang tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dan populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI. Sampel penelitian adalah kelas XI IA 3 dan kelas XI IA 2. Kelas XI IA 3 sebagai kelas dengan model pembelajaran TTW sebanyak 34 siswa dan XI IA 2 sebagai kelas dengan model pembelajaraan Learning Cycle 5E sebanyak 34 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tes pilihan ganda dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata hasil belajar kognitif kelas TTW sebesar 87,1 dengan kategori sangat baik dan kelas Learning Cycle 5E sebesar 68,5 dengan kategori cukup. Hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikansi α = 0,05 menunjukkan signifikansi (0,000) < 0,05, artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kognitif antara siswa yang menggunakan model pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) dengan siswa yang menggunakan model pembelajaraan Learning Cycle 5E pada konsep sistem ekskresi manusia.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSYACHRUROJI, SYACHRUROJI197908162005011006
Thesis advisorDARIFAH, SITI198002082010122002
Additional Information: This study aimed to determine the differences of students cognitive learning outcome between using TTW (Think, Talk, Write) model and Learning Cycle 5E model in human excretory system concepts. This research was conducted in SMA Negeri 2 Pandeglang academic year 2015/2016. The method of research was quasi experimental with the nonequivalent control group design and the population in this study were all students of class XI. The research sample was class XI IA 3 and XI IA 2. Class XI IA 3 as a TTW class with 34 students and XI IA 2 as a Learning Cycle 5E model class with 34 students. The sampling technique was conducted with a random sampling. Data was collected by multiple choice test and observation sheet. Based on the result of research average value cognitive learning outcome the class which usage TTW model 87,1 with very good categories and Learning Cycle 5E model 68,5 with fair categories. The results of hypothesis testing at significance level α = 0,05 showed significance is (0,000) < 0,05, means H0 was rejected and H1 was accepted. So, it can be concluded that there was differences of students cognitive learning outcome between using pembelajaran TTW (Think, Talk, Write) model and Learning Cycle 5E model in human excretory system concepts
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : hasil belajar kognitif, TTW (Think,Talk,Write), learning cycle 5E, sistem ekskresi manusia.
Subjects: Q Science > QH Natural history
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:41
Last Modified: 22 Aug 2022 09:29
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12632

Actions (login required)

View Item View Item