Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERANAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MIFTAHUL HUDA PANDEGLANG

YULIANA, KARLA (2014) PERANAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MIFTAHUL HUDA PANDEGLANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERANAN LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD MIFTAHUL HUDA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mengenai Peranan Lingkungan Sekolah Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Miftahul Huda Pandeglang yang dilaksanakan pada bulan Agustus hingga Septemberr 2013. Penelitian menggunakan metode kualitatif dan dilaksanakan pada anak usia 5-6 tahun yang melakukan kegiatan sosial di lingkungan sekolah dengan guru setiap hari. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi dan member check. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa: Peranan lingkungan sekolah sangat penting bagi perkembangan sosial anak dapat terlihat dari proses pembelajaran yang digunakan, fasilitas bermain, dan kurikulum yang digunakan, karakteristik perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di PAUD Miftahul Huda Pandeglang cukup menunjukkan perkembangan sosial anak yang cukup baik, faktor pendukung dan penghambat dalam perkembangan sosial anak di PAUD Miftahul Huda Pandeglang ini terlihat bahwa motivasi, minat, sikap, bakat sangat mempengaruhi perkembangan sosial dalam diri anak itu sendiri sedangkan keluarga, teman, fasilitas bermain juga mempengaruhi perkembangan sosial dari luar diri anak itu sendiri Implikasi dari hasil penelitian adalah: peranan lingkungan sekolah itu sangat penting bagi perkembangan anak, karakteristik perkembangan sosial anak yang baik mampu bersosialisasi dengan baik antar temannya, dan faktor pendukung dan penghambat perkembangan sosial anak dapat di lihat dalam diri anak itu sendiri maupun dari luar diri anak tersebut

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorRusdiyanti, Isti196402281990012001
Thesis advisorNurhasanah, Ana197410182006042009
Additional Information: This study to descibre the role of the school environment against childhood social development in early childhood 5-6 years Miftahul Huda Pandeglang conducted from Augustto September 2013 Research using qualitative mtehods and conducted in children aged 5-6 years in social activities in the school environment with teacher every day. The procedure of data collection by observation , interview and documentation. Data analysis using data reduction , data display and conclusion. Examination of the validity of the data was done by using an extension of the observations , increase persistence, triangulation and member checks. The findings of the research indicate that : The role of the school environment is very important for the social development of children can be seen from the learning process is used, play facilities, and curriculum used, characteristics of the social development of children aged 5-6 years in PAUD Miftahul Huda Pandeglang social development of children showed a fairly good, supporting and inhibiting factors in the social development of children in early childhood PandeglangMiftahul Huda is seen that the motivations, interests, attitudes, talents greatly influence a child's social development itself while family, friends, play facilities as well affect the social development of the child 's own outside Implications of the research are : the role of the school environment is very important for children's development, the characteristics of a good social development of children who were able to socialize well among friends, and the factors supporting and inhibiting the development of social development can be seen in the child itself or from outside the child
Uncontrolled Keywords: Kata kunci :Lingkungan Sekolah, Perkembangan Sosial, Anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:42
Last Modified: 19 Aug 2022 10:31
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12623

Actions (login required)

View Item View Item