Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PERANAN BAKTERI ASAM LAKTAT DALAM PEMBUATAN YOGHURT BERBAHAN DASAR JAGUNG MANIS DENGAN PERBEDAAN LAMA WAKTU INKUBASI (Sebagai Sumber Belajar Biologi Berupa Penuntun Praktikum pada Subkonsep Peranan Eubacteria dalam Kehidupan Manusia di SMA)

AMBAR ARUM, IKA (2015) PERANAN BAKTERI ASAM LAKTAT DALAM PEMBUATAN YOGHURT BERBAHAN DASAR JAGUNG MANIS DENGAN PERBEDAAN LAMA WAKTU INKUBASI (Sebagai Sumber Belajar Biologi Berupa Penuntun Praktikum pada Subkonsep Peranan Eubacteria dalam Kehidupan Manusia di SMA). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PERANAN BAKTERI ASAM LAKTAT DALAM PEMBUATA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama waktu inkubasi terhadap peranan bakteri asam laktat dalam pembuatan yoghurt berbahan dasar jagung manis dan kelayakan penuntun praktikum yang dihasilkan. Aktivitas bakteri asam laktat ditunjukkan melalui pengukuran pH dan total asam laktat. Sedangkan untuk kualitas yoghurt ditentukan melalui uji organoleptik dengan 25 panelis. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 3 perlakuan (4 jam , 6 jam dan 8 jam inkubasi) dengan 9 ulangan. Data penelitian dianalisis dengan ANOVA serta uji lanjut BNT dengan tingkat kepercayaan 5% (α = 0,05). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2014 di Laboratorium Biologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lama waktu inkubasi tidak mempengaruhi nilai pH. Sementara itu, untuk produksi asam laktat perlakuan J4 berbeda nyata dengan J8, tetapi tidak berbeda nyata dengan J6. Akan tetapi, nilai pH dan asam laktat yang dihasilkan masih termasuk dalam standar SNI. Hasil uji organoleptik menunjukkan bahwa yoghurt yang diinkubasi 4 jam (J4) adalah yoghurt yang paling baik dan paling disukai dibandingkan yoghurt yang di inkubasi selama 6 dan 8 jam. Hasil penelitian ini diaplikasikan dalam bentuk penuntun praktikum yang di uji ahli oleh dosen dan guru biologi SMA. Berdasarkan uji kelayakan menunjukkan bahwa penuntun praktikum yang dihasilkan layak digunakan di Sekolah dengan rata-rata persentase kelayakan sebesar 89,38%

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSYACHRUROJI, SYACHRUROJI197908162005011006
Thesis advisorMARIANINGSIH, PIPIT198408162008122004
Additional Information: The aimed of this study was to determine the influence of incubation time on the role of lactic acid bacteria in the producing yoghurt made from sweet corn and testing the feasibility student’s practical guides. Activity of lactic acid bacteria showed by measuring pH and total lactic acid. As for the quality of yogurt determined through organoleptic test by 25 panelists. The design used in this study was completely randomized design (CRD) with 3 treatments (4 hours, 6 hours and 8 hours of incubation) with 9 replications. The data result were analyzed using ANOVA and tested further by LSD at level 5% (α = 0.05). This study was conducted in September 2014 at the Laboratory of Biology, Sultan Agung Tirtayasa University. The results showed that incubation time was not effect of pH values. Meanwhile , for the producting of lactic acid with J4 treatment was significantly different J8 , but not significantly different from J6 . However , the pH value and lactic acid produced is still included in the SNI standard . The organoleptic test showed that yogurt 4 hours in incubation (J4) is the most well yogurt and most preferred by the panelists compared yogurt incubated for 6 and 8 hours. The results was applied in the student’s practical guide expert test by the lecturer and high school biology teacher. Based on testing the feasibility the results showed that student’s practical guide can be used in schools with an average yield of 89,38% feasibility percentage.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: bakteri asam laktat, penuntun praktikum, yoghurt jagung manis
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:42
Last Modified: 24 Aug 2022 10:08
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12620

Actions (login required)

View Item View Item