Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI MANAJEMEN REPUTASI PUBLIC RELATIONS PT KRAKATAU STEEL (PERSERO) TBK (Kasus Pembangunan PT. Krakatau POSCO)

YUDHA, M. SATRIA MANGGALA and Afrilla, Naniek and Nurprapti, Nurprapti (2012) STRATEGI MANAJEMEN REPUTASI PUBLIC RELATIONS PT KRAKATAU STEEL (PERSERO) TBK (Kasus Pembangunan PT. Krakatau POSCO). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text
Strategi Manajemen Reputasi Public Relations PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dalam Kasus Pembangu - Copy.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

M. Satria Manggala Yudha, 080416. 2012. Tim Pembimbing : Naniek Afrilla F, S.Sos., M.Si. selaku dosen pembimbing pertama dan Nurprapti Wahyu Widyastuti, M.Si. selaku dosen pembimbing kedua. Judul penelitian : Strategi Manajemen Reputasi Public Relations PT Krakatau Steel (Persero) Tbk dalam Kasus Pembangunan PT Krakatau POSCO. Reputasi yang baik merupakan sesuatu hal yang sangat penting dan diinginkan oleh semua perusahaan, tidak terkecuali PT Krakatau Steel, perusahaan ini selalu memiliki reputasi yang baik di mata khalayaknya, namun ketika joint venture dengan PT POSCO Korea, PT Krakatau Steel mengalami krisis dan penurunan reputasi. Terkait dengan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana strategi manajemen reputasi yang dilakukan oleh PT Krakatau Steel. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini dengan mengacu pada konsep yang dikemukan oleh Yosal Iriantara tentang manajemen reputasi yang terdiri dari (1) Analisis reputasi, (2) Stakeholder relations, (3) Pemantauan media, (4) Materi komunikasi, (5) Media relations, dan (6) Government relations yang digunakan oleh PT Krakatau Steel dalam kasus pembangunan PT Krakatau POSCO. Penelitian ini menggunakan metode dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Narasumber dalam penelitian ini adalah pihak-pihak yang memiliki informasi tentang bagaimana PT Krakatau Steel melakukan manajemen reputasi dalam kasus pembangunan PT Krakatau POSCO, diantaranya adalah ketua divisi corporate communication PT Krakatau Steel, specialist internal communication PT Krakatau Steel dan Redaktur Pelaksana Radar Banten. Peneliti berhasil mendapatkan data dan informasi tentang bagaimana strategi manajemen reputasi yang dilakukan oleh public relations PT Krakatau Steel. Hasil dari penelitian ini adalah strategi manajemen reputasi public relations PT Krakatau Steel dalam kasus pembangunan PT Krakatau POSCO dilakukan melalui beberapa tahapan, (1) PT Krakatau Steel melakukan analisis reputasi, di mana perusahaan mengukur tingkat reputasi dan membentuk sebuah tim khusus jika memang dibutuhkan, (2) PT Krakatau Steel melakukan stakeholder relations dengan cara selalu melakukan komunikasi baik melalui kegiatan family gathering, media internal, central speaker maupun intranet (3) PT Krakatau Steel melakukan pemantauan media setiap harinya agar dapat mengontrol reputasi perusahaan di mata media massa (4) PT Krakatau Steel melakukan menyampaikan materi komunikasinya menggunakan media internal, intranet, website, sedangkan untuk metode komunikasinya berupa metode informatif, edukasi, redudancy dan persuasif, (5) Dalam menjalin media relations perusahaan menyelenggarakan kunjungan pers, coffe morning, open house (6) PT Krakatau Steel selalu menjalin hubungan yang baik pada pemerintahan, dengan mengikuti semua regulasi yang berlaku pada pemerintahan kota Cilegon.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: M. Satria Manggala Yudha, 080416. 2012. Adviser team: Naniek Afrilla F, S.Sos., M.Si. as the first adviser and Nurprapti Wahyu Widyastuti, M.Si. as the second adviser. The title of study: Strategic Reputation Management of Public Relations in PT Krakatau Steel the case of PT Krakatau POSCO Construction. A good reputation is something very important and desired by all companies, not least of PT Krakatau Steel, the company has always had a good reputation in the eyes of his audience, but when the joint venture with PT POSCO Korea, PT Krakatau Steel has decrease a reputation. Researchers interested in studying how reputation management strategies undertaken by PT Krakatau. As the focus of this study with reference to the concept raised by Yosal Iriantara about reputation management consists of the (1) Analysis of reputation, (2) Stakeholder relations, (3) Media monitoring, (4) Communication materials,(5) Media relations and (6) Government relations is used by PT Krakatau Steel PT Krakatau in the case of development POSCO. This research uses descriptive method with qualitative approach. Researchers collected data by interview, observation and documentation. Interviewees in this study are parties that have information about how PT Krakatau Steel to reputation management in the case of PT Krakatau POSCO construction, including the head of corporate communications division of PT Krakatau Steel, internal communications specialist of PT Krakatau Steel and Radar executive editor offerings. Researchers managed to obtain data and information on how reputation management strategy undertaken by the public relations PT Krakatau Steel. The results of this study is strategic reputation management of public relations in PT Krakatau Steel the case of PT Krakatau POSCO construction is done through several stages, (1) PT Krakatau Steel's reputation analysis, which measures the level of the company's reputation and set up a special team if needed, (2 ) PT Krakatau Steel to stakeholder relations by always doing good communication through family gathering, internal media, central speaker and intranets (3) PT Krakatau Steel to monitor the media every day in order to control the Vendor's reputation in the eyes of the mass media (4) PT Krakatau Steel to deliver media content using an internal communication, intranet, website, while for the method of communication in the form of the method informative, educational, redundancy and persuasive, (5) In establishing media relations the company make a press trip, morning coffee, open house (6) PT Krakatau Steel to establish good relationships on the government, by following all the regulations that apply to municipalities Cilegon.
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 18 Feb 2019 07:51
Last Modified: 18 Feb 2019 07:51
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1262

Actions (login required)

View Item View Item