SUNARTI, SUNARTI (2015) PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET B DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
![]() |
Text
PERAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET B DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi ini dilatar belakangi bagaimana peran tutor dalam meningkatkan minat belajar peserta didik paket B, bagaimana kondisi minat belajar peserta didik paket B, dan faktor penghambat dan pendukung tutor dalam meningkatkan minat belajar peserta didik paket B. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mengenai peran tutor dalam meningkatkan minat belajar peserta didik paket B, mengetahui kondisi minat belajar peserta didik paket B, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat tutor dalam meningkatkan minat belajar peserta didik paket B. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi.Penelitian ini dilakukan dilakukan di program pendidikan kesetaraan Paket B di SKB Kota serang. Peneliti mengambil beberapa sampel dengan jumlah 4 orang yang terdiri dari 2 tutor dan 2 orang warga belajar. Adapun tekhnik analisis data dengan reduksi data, display data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dilihat dari minat peserta didik yang rendah. Hal itu dikarenakan tingkat usianya yang sudah tidak muda lagi/bukan usia sekolah, dan kesibukannya dalam bekerja membuat peserta didik jarang mengikuti pembelajaran dan tidak dapat mempelajari modul ataupun yang telah mereka pelajari di kelas. Tercapainya tujuan pembelajaran diantaranya kemampuan dan upaya tutor yang memiliki kreatifitas dalam menyampaikan dan menggunakan metode/media. Tutor juga harus mampu membekali dirinya melalui pelatihan/kegiatan dan pengembangan materi, serta memberikan contoh dalam sikap yang berwibawa. Untuk membangkitkan hasrat dan keinginan belajar tutor memberikan semangat dan motivasi serta mengadakan kompetisi dan reward agar peserta didik lebih bersemangat untuk menunjukkan potensi yang dimilikinya.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2022 14:38 | |||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2022 10:12 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12618 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |