PUJAYANTI, PUJAYANTI (2015) PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS HAKIKAT SAINS PADA KONSEP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN TANAMAN UNTUK KELAS XII. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENYUSUNAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS HAKIKAT SAINS PADA KONSEP PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis hakikat sains pada konsep pertumbuhan dan perkembangan tanaman serta mengetahui kualitas modul pembelajaran berbasis hakikat sains pada konsep pertumbuhan dan perkembangan tanaman berdasarkan hasil uji ahli. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (research and develompment) dengan Prosedur penelitian model 3D yaitu pendefinisian (Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop). Instrumen penilaian kualitas modul berdasarkan aspek materi, praktikum, kelengkapan modul, evaluasi, bahasa, penyajian, dan kegrafikaan. Hasil rata-rata penilaian tim ahli terhadap kualitas modul pembelajaran yaitu dapat dikategorikan sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 4,4 (dari 5). Berdasarkan hal tersebut, maka bahan ajar dalam bentuk modul ini layak digunakan sebagai acuan guru dalam pembelajaran biologi, sehingga dapat dipakai sebagai salah satu bahan ajar mandiri mata pelajaran biologi.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | The aims of this study are to produce learning module based the natural of science on the concept of plant growth and development and to know the quality of learning module based the natural of science on the concept of plant growth and development based on the results of the expert assesment. Research method that used was Reseach and Development (R & D), method in the procedure of 3D which included define, design, and develop. The instrument of quality assesment was based on material, practice, the completeness of module, evaluation, presentation, language, and graphics. The result of expert assesment toward learning module quality could be categorized verry good in the rate of score was 4,4 (of 5). Based on the data, the material learning in this kind of module is feasibility to use as a source for teacher in learning biology and can be used as one of self learning material reference for biology study | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Modul pembelajaran, hakikat sains, pertumbuhan dan perkembangan tanaman. | |||||||||
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84205-Jurusan Pendidikan Biologi | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2022 14:39 | |||||||||
Last Modified: | 24 Aug 2022 09:39 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12602 |
Actions (login required)
View Item |