Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

STRATEGI KOMUNIKASI BKKBN PROVINSI BANTEN DALAM PROSES PEMBENTUKAN KESADARAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA

Airin, Farah and Yuliana, Nina and Nesia, Andin (2012) STRATEGI KOMUNIKASI BKKBN PROVINSI BANTEN DALAM PROSES PEMBENTUKAN KESADARAN PROGRAM KELUARGA BERENCANA. Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img]
Preview
Text
FARAH AIRIN 082090 FISIP ILMU KOMUNIKASI - Copy.pdf

Download (758kB) | Preview

Abstract

Kepadatan penduduk yang semakin hari semakin meningkat menimbulkan masalah yang sangat besar, tetapi saat ini masih banyak masyarakat yang kurang sadar akan program keluarga berencana yang digulirkan oleh BKKBN Provinsi Banten. Program tersebut menjadi salah satu solusi untuk mengurangi kepadatan penduduk, itulah sebabnya BKKBN Provinsi Banten membentuk kesadaran masyarakat agar mengikuti program KB. Terkait dengan hal tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana strategi analisis khalayak, menyusun pesan, metode, seleksi dan media yang dilakukan BKKBN Provinsi Banten dengan menggunakan teori kategori sosial dan metode deskriptif kualitatif. Narasumber, melalui snowball sampling sebagai tehnik pemilihan informan dalam BKKBN Provinsi Banten adalah Kasubbag umum dan humas, Kasubbid Advokasi dan KIE, Kasubid Kerjasama Kepengendalian Kependudukan. Hasil dari penelitian ini adalah strategi komunikasi BKKBN Provinsi Banten dalam proses pembentukan kesadaran program keluarga berencana dilakukan melalui beberapa tahapan strategi, (1) BKKBN melakukan analisis khalayak dengan melalui survey terlebih dahulu sebelum menyusun pesan dan memberikan pesan, (2) BKKBN menyusun pesan secara deduktif, induktif, kronologis dan topical, (3) BKKBN menyampaikan komunikasi dengan metode informatif, edukasi, persuasif dan pengulangan (4) BKKBN melakukan seleksi terhadap beberapa media berdasarkan khalayaknya, media yang digunakannya media cetak, elektronik, dan online.

Item Type: Thesis (Lainnya)
Additional Information: Population density is increasingly rising pose a huge problem, but now many people are less aware of family planning programs are rolled out by the BKKBN Province of Banten. Program into one of the solutions to reduce population density, which is why the BKKBN Province of Banten form of public awareness in order to follow the family planning program. Researcher interested to know how audience analysis strategies, composing messages, methods, and media selection are made BKKBN Banten of province using the theory of social categories and qualitative descriptive methods. Source, through a snowball sampling as a technique of selection of informants in Banten Province are head of sub-section BKKBN general and public relations, head of the sub-area advocacy and KIE, Head of Cooperation population control. The results of this research is the communication strategy of BKKBN Province of Banten in the process of establishing awareness of family planning programs is done through several stages of the strategy, (1) BKKBN audience analysis through surveys before composing messages and deliver messages, (2) BKKBN composing messages deductively , inductive, chronological and topical, (3) BKKBN deliver informative method of communication, education, persuasion and repetition (4) BKKBN undertake a selection of some of the media on its audiences, the media used in print, electronic, and online. vi
Subjects: Communication > Communication (General)
Divisions: 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi
Depositing User: Admin Eprints Untirta
Date Deposited: 18 Feb 2019 07:42
Last Modified: 18 Feb 2019 07:42
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1260

Actions (login required)

View Item View Item