Dwi Oktaviany, Gina (2015) PENINGKATAN PERILAKU POSITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI CERITA KETELADANAN RASULULLAH SAW (Penelitian Tindakan Kelas Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di TK Lestari Cilegon, Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENINGKATAN PERILAKU POSITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI CERITA KETELADANAN RASULLAH SAW.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku anak. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dengan subyek penelitian yaitu anak usia 4-5 tahun atau anak kelas kelompok A TK Lestari Cilegon yang berjumlah 10 anak. Desain dalam penelitian ini mengacu pada rancangan penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis & Taggart yang terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, lembar wawancara orang tua, lembar wawancara anak, catatan lapangan, dokumentasi, dan perolehan data dari pra-siklus, siklus 1 pertemuan 1 sampai 8 dan siklus 2 pertemuan 1 sampai 7 yang dianalisis dengan menggunakan rumus presentase untuk diketahui peningkatannya. Hasil analisis data menunjukkan bahwa metode cerita keteladanan Rasulullah SAW dapat meningkatkan perilaku anak. Hal ini dapat diketahui dari jumlah hasil nilai penelitian yaitu pada saat pra-siklus yaitu 27,5%, siklus 1 tindakan 8 yaitu 48%, dan siklus 2 tindakan 7 yaitu 78,75%. Dengan demikian penerapan metode cerita keteladanan Rasulullah SAW sangat cocok untuk meningkatkan perilaku anak. Peneliti juga merekomendasikan bahwa untuk meningkatkan perilaku anak sebaiknya menggunakan metode tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This study aims to improve the behavior of children. The method used is a class action research, the research subject is a child or children aged 4-5 years A kindergarten class Lestari Cilegon groups totaling 10 children. Design in this study refers to the research design developed by Kemmis & Taggart consisting of (1) planning, (2) implementation, (3) observation, and (4) reflection. The instrument used is the observation sheet, sheets interview parents, child interview sheet, field notes, documentation, and acquisition of data from the pre-cycle, cycle 1 meeting 1 to 8 and 2 meeting cycle 1 to 7 are analyzed by using the formula for an unknown percentage improvement. The results showed that the method exemplary story of the Prophet Muhammad can improve a child's behavior. It can be seen from the number of results when the value of the research that 27.5% of pre-cycle, cycle 1 of meeting 8 48%, and 2 cycles of meeting 7 is 78.75%. Thus the story of an exemplary application of the method of the Prophet Muhammad is suitable to improve the behavior of children. Researchers also recommended that in order to improve the behavior of children should use these methods. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Perilaku Anak, Cerita Keteladanan Rasulullah SAW. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2022 14:34 | |||||||||
Last Modified: | 12 Sep 2022 14:13 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12594 |
Actions (login required)
View Item |