Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN BALOK (Penelitian Tindakan di TK Negeri Pembina Kota Serang-Banten)

NURBAETI, MAHA (2015) PENINGKATAN KREATIVITAS ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI BERMAIN BALOK (Penelitian Tindakan di TK Negeri Pembina Kota Serang-Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Peningkatan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Bermain Balok).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Serang�Banten yang masih rendah. Faktor ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang bersifat monoton dan membuat anak merasa bosan serta jenuh. Hal ini terbukti banyak anak yang kurang bereksplorasi dan kurangnya guru dalam memanfaatkan media balok, sehingga saat proses pembelajaran berlangsung guru lebih sering memberikan penugasan melalui majalah atau lembar kerja. Berdasarkan masalah tersebut tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kreativitas anak melalui bermain balok. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan yang dirancang dalam siklus berulang. Di siklus I terdiri dari 8 kali tindakan dan pada siklus II terdiri dari 3 kali tindakan, dengan kriteria keberhasilan 76%. Subjek pada penelitian ini adalah di TK Negeri Pembina Kota Serang-Banten dengan jumlah sebanyak 10 anak usia 5-6 tahun yang terdiri dari 3 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Di setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, catatan lapangan, catatan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun analisis data diperoleh bahwa kreativitas anak melalui bermain balok pada anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Serang-Banten dilakukan sebanyak dua siklus, pada siklus I sebanyak 8 kali pertemuan dan siklus II sebanyak 3 kali pertemuan. Tahapan awal yang diberikan dalam proses pembelajaran dengan merancang RPPH dan menyiapkan balok sebagai media pembelajaran. Pada kegiatan inti, dilakukan dengan memberikan tindakan melalui kegiatan membuat konstruksi dan melakukan pengamatan disetiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa kreativitas anak melalui bermain balok pada anak usia 5-6 tahun dengan hasil penelitian ini diketahui bahwa, pada siklus I diperoleh data mencapai 53% karena indikator keberhasilan harus mencapai 76%. Penelitian ini dilanjutkan pada siklus II dengan pelaksanaan kegiatan sebanyak 3 kali pertemuan diperoleh hasil sebesar 78%. Berdasarkan hasil data yang telah diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa dengan kegiatan bermain balok dapat meningkatkan kreativitas anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Kota Serang-Banten

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPermanasari, Alis Triena198205302006042001
Thesis advisorRosidah, Laily198805232006042041
Additional Information: Creativity of children aged 5-6 years in kindergarten Pembina State Serang-banten is still low. This factor due to the learning activities that are monotonous and makes children feel bored and saturated. It has proven much less children to explore and a lack of teachers in the use of media block, so that the learning process takes place more often teachers give assignments through magazines or worksheets. Based on the issue of the purpose of this research is to improve children's creativity through playing the block. The method used in this research that method research with action in a repeating cycle. The first cycle consists of 8 times the action and the second cycle consists of 3 times the action, with a 76% success criteria. This study were in kindergarten Pembina State Serang city with a total of 10 children aged 5-6 years which consists of 3 boys and 7 girls. In each cycle consists of four steps namely, planning, implementation, observation, and reflection. The technique of collecting data through observation, field notes, interview notes and documentation. Data analysis using data reduction, data presentation, and conclusion. The data analysis showed that children's creativity through playing the block in children aged 5-6 years in kindergarten Pembina State Serang-banten done as much as two cycles, the first cycle of 8 times the meeting and the second cycle 3 times the meeting. The early stages give in the learning process by designing and preparing RPPH block as a learning medium. At the core activities, carried out by providing measures through construction activities and observations made in each cycle. Based on the results obtained that the child's creativity through playing the block in children aged 5-6 years with the results of this research note that, in the first cycle of data obtained reached 53% as an indicator of success should reach 76%. This research was continued in the second cycle to the implementation of activities as much as three times the meeting obtained yield was 78%. Based on the results of the data that has been obtained, it can be concluded that the block play activities can enhance the creativity of children aged 5-6 years in kindergarten Pembina State Serang-Banten
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kreativitas, Anak Usia Dini, Bermain Balok.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:35
Last Modified: 16 Aug 2022 14:23
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12590

Actions (login required)

View Item View Item