Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI CATATAN HARIAN Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Cikande 2 Tahun Ajaran 2014/2015

OCTAVIAN, BELLAOVA (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI CATATAN HARIAN Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Cikande 2 Tahun Ajaran 2014/2015. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI MELALUI CATATAN HARIAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya temuan-temuan dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia dalam materi karangan di kelas V SDN Cikande 2 yang dalam pembelajarannya hanya menggunakan metode ceramah dan guru cenderung hanya mengajarkan tentang struktur bahasa saja. Hal ini mengakibatkan pembelajaran kurang bermakna bagi siswa. Adanya kondisi tersebut berdampak pada aktivitas kegiatan belajar mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa sangat rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa melalui catatan harian pada siswa kelas V SDN Cikande 2. Waktu penelitian dilakukan pada bulan September 2014 dan subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang terdiri dari 25 siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Penelitian Tindak Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan aktivitas kegiatan belajar mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa pada setiap siklus. Pada siklus 1, aktivitas kegiatan belajar mengajar guru mencapai 60% sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus 1 mencapai 50%. Pada siklus 2, aktivitas kegiatan belajar mengajar guru meningkat menjadi 80% sedangkan aktivitas belajar siswa pada siklus 2 meningkat mencapai 75%. Hal ini sudah sesuai dengan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yaitu 70%. Peningkatan hasil belajar siswa yang telah memenuhi standar KKM, pada siklus 1 nilai rata-rata mencapai 64,4 dengan presentase ketuntasan 44% dan pada siklus 2 nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 70,36 dengan presentase ketuntasan 84%. Hal ini sudah mencapai indikator keberhasilan yaitu KKM 65. Berdasarkan hasil penelitian dari setiap siklus menunjukan bahwa melalui catatan harian dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa pada siswa kelas V SD Negeri Cikande 2

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuprani, Suprani195501181984031001
Thesis advisorHERWAN, HERWAN197306142003121001
Additional Information: material in class essay SDN Cikande 2 is the only learning and teachers use the lecture method tends to only teach about the structure of language alone. This resulted in less meaningful learning for students. The existence of these conditions have on the teaching and learning activities of teachers and students' learning activities and learning outcomes of students is very low. The purpose of this study is to improve student narrative essay writing skills through daily notes in class V SDN Cikande 2 Time study conducted in September 2014 and the subject of this research is class V consisting of 25 students. The method used in this study is the follow-Class Research (CAR). This study was conducted as two cycles, and each cycle consists of four phases: planning, action, observation, and reflection. The results showed an increase in the activity of teaching and learning activities of teachers and students' learning activities and learning outcomes of students in each cycle. In cycle 1, the activity of teaching and learning activities of teachers reaches 60% while the learning activities of students in cycle 1 reaches 50%. In cycle 2, the activity of teaching and learning activities of teachers increased to 80% while the learning activities of students in cycle 2 increased to 75%. This is in accordance with pre-defined indicators of success is 70%. Improved learning outcomes of students who have met the standards KKM, in cycle 1 the average value reached 64.4 percentage completeness with 44% in cycle 2 and the average value of students increased to 70.36 with a percentage of 84% completeness. It is already achieving success indicators, namely KKM 65 Based on the results of the study showed that each cycle through the diary can improve narrative essay writing skills of students in the fifth grade students of SD Negeri Cikande 2.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Keterampilan Menulis Karangan Narasi, Catatan Harian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:35
Last Modified: 16 Aug 2022 14:13
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12586

Actions (login required)

View Item View Item