Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI DENGAN METODE PEMBELAJARAN CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas Dilakukan Di Kelas V SD Negeri Singapadu Kec. Curug Kota. Serang)

Ulpah, Ulpah (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI DENGAN METODE PEMBELAJARAN CONTEXSTUAL TEACHING AND LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas Dilakukan Di Kelas V SD Negeri Singapadu Kec. Curug Kota. Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dikelas V SDN Singapadu, Kecamatan Curug, Kota Serang. Permasalahan ini diantaranya, masih banyak siswa yang belum dapat membedakan antara karangan eksposisi dengan karangan lainnya, dan beberapa masalah yang menjadi penyebab utama tidak optimalnya pembelajaran, antara lain : guru tidak menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi pembelajaran, minat belajar siswa ketika mengikuti pembelajaran kurang, dan kurangnya motivasi guru pada peserta didik. Maka untuk mengatasi masalah tersebut peneliti berusaha untuk menerapkan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia tentang materi menulis Karangan Eksposisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : bagaimana proses pembelajaran menulis karangan eksposisi dengan pendekatan contextual teaching and learning pada siswa dikelas V SDN Singapadu? Jumlah siswa pada kelas V ini berjumlah 24 siswa, penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4x pertemuan dan menggunakan 2 siklus. Instrumen penelitian menggunakan lembar soal tes, lembar observasi, dan catatan lapangan. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I (62,5%) dan persentase pada siklus II adalah 79,17%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuprani, Suprani195504181984001001
Thesis advisorHERWAN, HERWAN197306142003121001
Additional Information: Research this at dilator belakangi existence set of problems who happen in learning language Indonesia in class V SD Negeri Singapadu, Kec. Curug Kota Serang. Problems this between see much student who not can discriminate between article ekspsisi whit article another, and some problems who become cause propinent not optimum learning, between other : Teacher not use decimeter metad learning who appro printe whit materi learning interest study student when follow it learning less and kurangnya motivation teacher at participant raise. So for superintend problems talked about research tri for apply decimeter methad write article eksposisi whith approchment CTL at student V SDN Singapadu? Sum student at class V this number 24 student, research this is research option classo (PTK) whit 4x meeting and use 2 siklus, instrument research use sheet question a test, sheet observation and note square. Percentase clompleness at study siklus I (62,5 %) and persentase siklus II is (79,17%). Can cnot that learning contextual Teacing and Learning this can increase sucses study. Word : research action class, output study, learning CTL ( Contextual Teaching and Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:35
Last Modified: 16 Aug 2022 13:52
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12584

Actions (login required)

View Item View Item