Nurmayanti, Mia (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI METODE BRAIN WRITING DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SDN UMBUL TENGAH II KOTA SERANG. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.
Text
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI METODE BRAIN WRITING DALAM PELAJARAN .pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningktakan keterampilan menulis wacana deskripsi melalui metode brain writing dalam pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa kelas V SDN Umbul Tengah II Kecamatan Taktakan Kabupaten Serang Tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan pada semester gasal tahun pelajaran 2014/2015. Setting waktu penelitian ini dilaksanakan selama 3 minggu. Aktivitas dalam penelitian tindakan diawali dengan perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi (observation), dan melakukan refleksi (reflection), dan seterusnya sampai peningkatan yang diharapkan tercapai. Alat pengumpulan data berupa tes, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar wawancara. Pengolahan data dilakukan dengan menghitung presentasi hasil tes, lembar observasi aktivitas siswa setiap siklusnya.sebagai akhir dri pelaksanaan penelitian ini penulis mendapat kesimpulan sebagi berikut: Peningkatan keterampilan menulis ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan penelitian yaitu prosentase pada studi pendahuluan sebesar 30,00% (kurang) atau hanya 10 orang siswa dari 34 siswa yang mampu menulis dengan baik yakni dapat mencapai nilai diatas nilai 70 atau nilai KKM pada aspek menulis. Hasil siklus I meningkat menjadi 55,88% (sedang)karena dari 34 siswa 19 siswa yng berhasil memperoleh nilai diatas KKM, hasil pelaksanaan siklus II meningkat sebesar 88,23% yakni daari 34 siswa 30 siswa berhasil memperoleh nilai diatas KKM, dari 30 siswa dikategorikan 20 siswa dalam kategori baik dan 10 siswa dalam kategori sangat baik
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | This study aims to drive the discourse description writing skills through writing the method of brain Indonesian lessons in the fifth grade students of SDN Central pennant II Taktakan Serang District of 2014/2015 school year. The research was conducted in the odd semester of the school year 2014/2015. Setting the time this study was conducted over three weeks. Activity in action research begins with action planning (planning), action (action), observation (observation), and reflection (reflection), and so on until the expected improvement is achieved. Data collection tools in the form of tests, observation of student activity sheets and the questionnaires. Data processing is done by calculating the presentation of test results, observation of student activity sheets each cycle. The end of the implementation of the study authors to conclude as follows: Improving writing skills can be seen from the results of the implementation of the research is a preliminary study of the percentage of 30.00% (or less) or only 10 students out of 34 students were able to write well which can achieve a value above the value of 70 or the KKM on aspects of writing. The results of the first cycle increased to 55.88% (being) because of the 34 students 19 students yng managed to obtain a value above KKM, the results of the implementation of the second cycle increased by 88.23% ie from 34 students 30 students managed to obtain a score above KKM, of 30 students categorized 20 students in both categories and 10 students in the excellent category. | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education | |||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar | |||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2022 14:36 | |||||||||
Last Modified: | 16 Aug 2022 13:50 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12583 |
Actions (login required)
View Item |