Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kemang Kota Serang Tahun Ajaran 2014/2015)

MAGFIROH, MAGFIROH (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN MELALUI METODE LATIHAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kemang Kota Serang Tahun Ajaran 2014/2015). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang peningkatan kemampuan siswa kelas IV SDN Kemang. Kemampuan menulis cerpen siswa kelas IV masih rendah, melihat dari permasalahan ini maka penulis memandang penting untuk melakukan penelitian dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen. Penelitian ini didasarkan atas penemuan masalah yang ada dan terjadi di SDN Kemang ang yakni : a) Prestasi belajar siswa kelas IV tentang menulis cerpen masih rendah, b) Siswa kelas IV SDN Kemang banyak yang belum memahami cerpen , c) pembelajaran Indonesia di kelas IV SDN Kemang belum menggunakan motode yang tepat dan sesuai bagi anak. Tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini, (1) Meningkatkan keaktifan siswa dalam proses menulis cerpen melalui metode latihan , (2) Meningkatkan prestasi belajar siswa pada imajinasi khayal yang tinggi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode latihan yang mempunyai ciri mengadakan kegiatan latihan –latihan untuk melihat suatu hasil. Hasil itu akan menegaskan bagaimanakah kedudukan antara variabel –variabel yang diselidiki ( Surahmad :149 ). Penelitian inimenggunakan 2 siklus , yaitu siklus 1 dan II. Dengan tahap-tahap perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Instrumen yang dilaksanakan pada penelitian inni adalah tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode latihan terbimbing siswa dalam menulis cerpen, ternyata meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran yaitu terbukti pada siklus I dengan nilai rata –rata 68,9 masih dalam kategori kurang. Dan siklus II mengalami peningkatan , terbukti dari nilai rata- rata 90,47 .dengan kategori baik. Dengan demikian penelitian ini dianggap berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuprani, Suprani195501181984031001
Thesis advisorHERWAN, HERWAN197306142003121001
Additional Information: In general, this study aims to gain an idea of upgrading the fourth grade students of SDN Kemang. The ability to write short stories fourth grade students is low, look at this problem, the authors considered it important to conduct research in an effort to improve students' skills in writing short stories. This study is based on the discovery of the problem and occurs in Kemang SDN ang namely: a) the learning achievement of fourth grade students about writing a short story is still low, b) the fourth grade students of SDN Kemang many who do not understand the short story, c) learning Indonesian in class IV SDN Kemang not use the proper method possible and appropriate for children. Goals to be achieved through this study, (1) Increase the involvement of the student in the process of writing a short story through training methods, (2) Increasing student achievement in high fantasy imagination. The method used in this research is a method of exercise that is characterized -latihan conduct training activities to see the results. That result would confirm how the position of the variable-variable investigated (Surahmad: 149). Research inimenggunakan 2 cycles, ie cycle 1 and II.In the planning stages of acts of observation and reflection. The instrument is held on inni research tests and observation. The results of this study indicate that using students guided practice in writing short stories, turned out to increase the activity of students in the learning process that is evident in the first cycle with a mean value of 68.9 -rata still in the low category. And the second cycle increased, as evidenced by the average value of 90.47 .with both categories. Thus this research is considered successful
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : metode latihan terbimbing, pembelajaran Bahasa Indonesia, peningkatan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:36
Last Modified: 16 Aug 2022 13:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12582

Actions (login required)

View Item View Item