Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Wadasari Bojonegara Kabupaten Serang)

Sarti’ah, Sarti’ah (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN Wadasari Bojonegara Kabupaten Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK TALK WRITE.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan latar belakang masalah pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya pembelajaran menulis Cerpen di kelas IV SDN Wadasari Bojonegara menunjukan bahwa nilai belajar siswa masih belum optimal. Hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Untuk itu peneliti menggunakan model Think Talk Write. Penelitian ini merumuskan masalah mengenai aktivitas siswa dan hasil belajar menulis dengan menggunakan model Think Talk Write untuk meningkatkan keterampilan menulis Cerpen. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Peningkatan Keterampilan siswa dalam menulis Cerpen dengan menggunakan Model Think Talk Write, untuk mengatasi kesulitan siswa dalam pembelajaran menulis Cerpen dengan menggunakan model Think Talk Write. Berdasarkan penelitian yang peneliti lakukan mengindikasikan bahwa menggunakan model Think Talk Write merupakan cara mengajar yang mendorong siswa untuk mengembangkan tulisan dengan lancar dan melatih bahasa sebelum menuliskannya. Akhirnya penulis berkesimpulan bahwa Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan materi pokok Cerpen dengan menggunakan model Think Talk Write dapat meningkatkan Keterampilan menulis siswa

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuprani, Suprani195501181984031001
Thesis advisorSOLIHATULMILAH, ELIH195903291982012002
Additional Information: Based on the background of the problems in learning Indonesian especially learning to write short stories in grade IV SDN Wadasari Bojonegara shows that the value of students' learning is still not optimal. This is because the use of learning models that are less varied. The researchers used a model to Think Talk Write. This study formulates the problem of student activity and learning outcomes writing using the model Think Talk Write to boost short story writing skills. The purpose of this study is to determine the Skills Enhancement students in writing short stories using Think Model Talk Write, to address student difficulties in learning to write short stories using the model Think Talk Write. Based on research that researchers do indicate that the use of the model Think Talk Write a way of teaching that encourages students to develop their writing and practice the language fluently before writing. Finally, the author concludes that learning Indonesian with the subject matter by using the Short Story Talk Write Think models can improve students' writing skills
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Cerpen, Keterampilan Menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:36
Last Modified: 16 Aug 2022 11:11
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12580

Actions (login required)

View Item View Item