SUDRAJAT, EDI (2012) KEGIATAN CUSTOMER RELATIONS PERUM PEGADAIAN (Studi Deskriptif Kualitatif pada Kantor Perum Pegadaian Cabang Cipocok Jaya Serang). Lainnya thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
|
Text
COVER, PERNYATAAN, LEMBAR PERSETUJUAN, LEMBAR pengesahan ABSTRAK, kata pengantar daftar isi.pdf Download (963kB) | Preview |
Abstract
Edi Sudrajat. Strategi Customer Relations pada Kantor Cabang Pembantu Cipocok Jaya Serang (Dibimbing oleh Iman Mukhroman, S.Sos.,M.Si dan Neka Fitriyah,S.Sos.,M.Si). Perkembangan dunia usaha seperti jasa pegadaian semakin hari cenderung meningkat. Peningkatan ini tentunya harus dibarengi oleh layanan hubungan pelanggan yang baik dan sinergis. Untuk itu, customer relations memegang peran penting dalam pelayanan publik bagi para pelanggan dan konsumennya. Untuk itulah penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana Kegiatan customer relations pada Kantor Cabang Pembantu Cipocok Jaya Serang, dengan memfokuskan pada Kegiatan consumer information dan strategi complain handling pada Kantor Capem Cipocok Jaya Serang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik wawancara dan observasi. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah 1 (satu) orang wakil dari pimpinan, 1 (satu) orang wakil dari karyawan yang menangani customer relations dan 3 (tiga) orang wakil dari konsumen atau pelanggan. Hasil Analisis penelitian dengan menggunakan teori pengorganisasian dan didukung oleh model komunikasi two way symetrical serta transaksional memperilhatkan bahwa dalam konteks hubungan timbal balik antara bagian yang menangani customer relations (customer service) dengan konsumen dan pelanggan bisa dikatakan cukup baik, komunikasi, interaksi di antara mereka sudah mengarah pada satu proses transaksional, yang memungkinkan terjadi kesamaan bidang pengalaman dan pengertian di antara mereka tersebut. Kata Kunci : customer relations, consumer information, complain handling, pelanggan/konsumen.
Item Type: | Thesis (Lainnya) |
---|---|
Additional Information: | Edi Sudrajat. Customer Relations activities at Branch Office Cipocok Jaya Serang (Guided by Iman Mukhroman, S.Sos., M.Si and Neka Fitriyah, S.Sos., M.Si). Business development services such as pawn shops the day is likely to increase. This increase must be accompanied by good customer service relationships and synergistic. To that end, customer relations play an important role in public service for our customers and consumers. For that reason, this study aims to analyze and describe how customer relations activities at the Branch Office Cipocok Serang Jaya, by focusing on the activities of consumer information and complaint handling strategy in Serang at Branch Office Cipocok Jaya. This study uses a descriptive study with a qualitative approach, with interviews and observation techniques. Who become informants in this study is 1 (one) representatives of the management, one (1) representative of the employees who handle customer relations and three (3) representatives of consumer or customer. Analysis of the results of the study by using the theory of organization and supported by two way communication model symetrical and transactional showed that in the context of a reciprocal relationship between the part that handles customer relations (customer service) to consumers and customers can be quite good, communication, interaction between them is leads to a transactional process, which occurs in common areas allow experience and the understanding between them. Keywords: customer relations, consumer information, complaint handling, customer / consumer. |
Subjects: | Communication > Communication (General) |
Divisions: | 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 06-Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > 70201-Program Studi Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Admin Eprints Untirta |
Date Deposited: | 15 Feb 2019 08:56 |
Last Modified: | 15 Feb 2019 08:56 |
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/1258 |
Actions (login required)
View Item |