Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE SOSIODRAMA (PTK dilakukan di Kelas V SD Ranjeng Kota Serang)

Rohayah, Iroh (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE SOSIODRAMA (PTK dilakukan di Kelas V SD Ranjeng Kota Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi dari pengamatan peneliti mengenai kemampuan�kemampuan dasar siswa kelas tinggi dalam berbicara di SDN Ranjeng yang masih relative rendah, terutama masalah kurang memahami siswa terhadap berbicara dan kurangnnya kemampuan siswa tentang dasar-dasar berbicara yang baik dan benar. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan keterampilan berbicara melalui metode sosiodrama (2) Bagaimana respon siswa terhaadap pembelajaran keterampilan berbicara melalui metode sosiodrama (3) Bagaimana aktifitas siswa dan guru dalam pembelajaran keterampilan berbicara menggunakan metode sosiodrama. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Sosiodrama. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 3 siklus. Masing�masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : rencana, tindakan, observasi dan tindakan. Berdasarkan hasil pengamatan dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan Metode Sosiodrama, rekomendasi untuk guru, kepala sekolah, peniliti selanjutnya dan lembaga adalah dalam pembelajaran berbicara, metode dan strategi harus dapat melibatkan siswa secara langsung serta memupuk kerja sama antar lembaga-lebaga terkait. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah dialog dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuprani, Suprani195504181984001001
Thesis advisorHeriawan, Adang195905171985031003
Additional Information: his study backs dilator of observations researchers on basic skills in speaking of high-grade students at SDN Ranjeng are still relatively low, especially the problem of lack of understanding and a lack of students to talk about the student's ability to speak the basics of good and right. The research problems are (1) How to increase the speaking skills through methods sociodramas (2) How is the response terhaadap student learning speaking skills through methods sociodramas (3) How the activities of students and teachers in learning conversational skills using methods sociodrama. While the purpose of this study is Speaking Skills Enhancement Through Sociodramas method. The method used in the classroom action research which consisted of 3 cycles. Each cycle consists of four phases: planning, action, observation and action. Based on the observations it can be deduced that by using the method of Sociodramas, recommendations for teachers, principals, researchers and institutions are next in learning to speak, methods and strategies to be able to involve students directly and foster cooperation among agencies-agency is concerned. One strategy that can be used is the dialogue in learning Indonesian in elementary school
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : keterampilan berbicara, peningkatan keterampilan berbicara melalui metode sosiodrama. Bahasa Indonesia.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:01
Last Modified: 12 Sep 2022 14:10
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12577

Actions (login required)

View Item View Item