Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VI SDN Singapadu Kecamatan Curug Kota Seran

BAROKAH, MUCHAMAD (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas VI SDN Singapadu Kecamatan Curug Kota Seran. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA MELALUI METODE PEMBELAJARAN DEBAT AKTIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (2).pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VI SDN Singapadu Kecamatan Curug Kota Serang. Secara khusus bertujuan untuk (1) mendeskripsikan aktivitas siswa dan (2) mengetahui hasil belajar berbicara siswa yang mengacu pada penerapan metode pembelajaran Debat Aktif pada kelas VI SDN Singapadu Kecamatan Curug Kota serang semester ganjil tahun ajaran 2014- 2015 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi Kalimat Pujian. Penelitian dilaksankan dalam dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Siklus I terdiri dari dua pertemuan demikian pula halnya sampai siklus II. Data aktivitas siswa digali dengan Tes Hasil Belajar Berbicara. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Aktivitas siswa kelas VI SDN Singapadu Kecamatan Curug Kota Serang tahun ajaran 2014-2015 yang mengacu pada penerapan metode pembelajran Debat Aktif pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi Kalimat Pujian di siklus I berada pada kategori cukup, siklus II pada kategori baik sekali, dan (2) hasil belajar siswa kelas VI SDN Singapadu Kecamatan Curug Kota Serang tahun ajaran 2014-2015 mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi Kalimat Pujian mengalami peningkatan yang signifikan dari tiap siklusnya setelah menerapkan metode pembelajaran Debat Aktif.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuprani, Suprani195504181984001001
Thesis advisorSOLIHATULMILAH, ELIH195903291982012002
Additional Information: Action research generally aims to improve the learning outcomes of students in the subjects speak Indonesian Elementary School sixth grade Singapadu waterfall District of Serang. Specifically aims to (1) describe the activities of the students and (2) determine the learning outcomes of students who speak refers to the application of active learning methods Debate on Class VI waterfall City Elementary School District of attack Singapadu odd semester 2014-2015 school year on Indonesian subjects on material Praise sentence. Research are conducted in two cycles, with each cycle consisting of planning, implementation, observation and reflection. First cycle consisted of two meetings as well as to the second cycle. Student activity data unearthed by Talking Learning Test Results. The results showed that: (1) Activity sixth grade students of SDN Singapadu waterfall Serang District of academic year 2014-2015 which refers to the application of the method pembelajran Active debate on Indonesian subjects in the sentence material Praise in the first cycle in the category enough, the second cycle in both categories once, and (2) the results of students of class VI SDN Singapadu waterfall Serang District of academic year 2014-2015 subject to the material Sentences Indonesian Praise experienced a significant increase of each cycle after applying active learning methods Debate.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : hasil belajar keterampilan berbicara siswa, mata pelajaran Bahasa Indonesia, metode pembelajaran Debat Aktif, penelitian tindakan kelas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:01
Last Modified: 16 Aug 2022 10:46
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12576

Actions (login required)

View Item View Item