Saputri Ratna Sari, Desi (2014) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS 5 SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Text
PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS 5 SEKOLAH DASAR.pdf - Published Version Restricted to Registered users only until 2014. Download (17MB) |
Abstract
This study titled experimental application of the method in science subjects to improve student learning outcomes in light of the material and its properties in the class V. This research is done in the public school district Cibadak 5 district Cikupa Tangerang. Purpose of this research is to improve student learning outcomes in science subjects by using the application of the experimental method, to increase the activity of student in science subjects by using the application of the experimental method. This study consisted of 2 cycles, each cycle 1 meeting, and consists of 4 phases: planning, implementation, observation, reflection using research instruments namely the observation sheet, written test and interview. Results showed that in cycle I students gain mastery of learning outcomes and increase of 63.8% in cycle II to 86.1%, besides the activity of students in cycle I was obtained by 60% and increased in the second cycle by 80%. This shows that the application of the experimental method can improve student learning outcomes.
Item Type: | Thesis (S1) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Additional Information: | Penelitian ini berjudul penerapan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi cahaya dan sifat- sifatnya dikelas V. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Cibadak 5 Kecamatan Cikupa Kabupaten Tangerang. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan penerapan metode Eksperimen, untuk meningkatkan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan penerapan metode Eksperimen. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, setiap siklus 1 kali pertemuan, dan terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu lembar observasi, tes tertulis, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntanasan belajar siswa memperoleh hasil sebesar 63.8% dan meningkat pada siklus II menjadi 86.1%, selain itu, aktivitas siswa pada siklus I diperoleh sebesar 60% dan meningkat di siklus II sebesar 80%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa. | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Keywords : the application of the experimental method, action research, student learning outcomes Kata kunci : penerapan metode eksperimen, mata pelajaran IPA, hasil belajar siswa. | |||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
|||||||||
Divisions: | 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
|||||||||
Depositing User: | Perpustakaan Pusat | |||||||||
Date Deposited: | 13 Apr 2022 15:24 | |||||||||
Last Modified: | 13 Apr 2022 15:24 | |||||||||
URI: | http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12575 |
Actions (login required)
View Item |