Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA (Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dilakukan pada siswa kelas V di SDN Gambar Kecamatan Kibin Kabupaten Serang)

Lindawati, Lindawati (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA (Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dilakukan pada siswa kelas V di SDN Gambar Kecamatan Kibin Kabupaten Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan awal untuk menentukan keberhasilan dalam pendidikan kejenjang berikutnya. Pendidikan dasar dibentuk untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai karakter, sikap, mental, pengetahuan dan pengembangan potensi yang ada pada dirinya secara optimal. Penelitian ini , subyek yang diambil adalah siswa kelas V SDN Gambar Kecamatan Kibin. Kabupaten Serang. Sebanyak 34 Siswa. Masalah yang muncul pada Sekolah tersebut yaitu rendahnya hasil belajar siswa tentang keterampilan berbicara, yang di sebabkan kurang bervariasinya guru dalam menggunakan metode pembelajaran tersebut. Untuk mengoptimalkan kondisi pembelajaran yang aktif, maka di terapkan pembelajaran dengan menggunakan teknik sosiodrama pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan ingin meningkatkan keterampilan berbicara melalui teknik sosiodrama pada mata pelajaran bahasa Indonesia dan ingin meningkatkan hasil berbicara siswa didalam kelas menggunakan teknik sosiodrama pada pembelajaran bahasa Indonesia. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas . Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan terdiri 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hipotesis tindakan ini adalah “ melalui teknik sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan berbicara dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesa. “ Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh adalah kenaikan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 59% dan siklus II 88%. Kata Kunci : Teknik Sosiodrama

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuprani, Suprani195504181984001001
Thesis advisorHERWAN, HERWAN197306142003121001
Additional Information: Primary education is the education level in the early to determine the success of education to the next level. Educational foundation established to produce graduates who have the character, attitude, mental, knowledge and develop the potential within themselves optimally. The study, the subject was taken 5th grade student of SDN Gambar district. Kibin. Kab.Serang many 34 students. Problems that arise at the school is low on the learning outcomes of students speaking skills, which caused lees variation teachers is using the learning technique. To optimize the conditions for active learning, the learning is applies to the technique of sociodramain Indonesian languageSubjects. This study aims to increase the skills to talk to techniqueof sociodrama or role playing in Indonesian languange. Techniquethis study uses classroom action research. This study was conducted with 2 cycles, each cycle consisting of 2 meetings and consist of four stages, namely : Planning, action, Observation, and reflection. This hypothesis of this study “ Through role play learning techniqueto improve speaking skills and student learning outcomes in subject Indonesian language.Based on the analysis resulth obtaine are 1. Increase student learning outcomes in the first cycle of 59% and the second cycle of 88%..
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Teknik Sosiodrama Keterampilan Berbicara
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:02
Last Modified: 16 Aug 2022 10:38
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12574

Actions (login required)

View Item View Item