Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS PERMULAAN MELALUI METODE PROYEK PADA KELOMPOK B DI TK AL-KHAIRIYAH RAMANUJU KOTA CILEGON (PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

Suryaningsih, Nina (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS PERMULAAN MELALUI METODE PROYEK PADA KELOMPOK B DI TK AL-KHAIRIYAH RAMANUJU KOTA CILEGON (PENELITIAN TINDAKAN KELAS). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS PERMULAAN MELALUI METODE PROYEK PADA KELOMPOK B DI TK AL KHAIRIYAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses penerapan metode proyek dalam meningkatkan kemampuan sains permulaan pada anak kelompok B TK Al khairiyah ramanuju, (2) mengetahui kemampuan sains permulaan setelah menerapkan metode proyek pada anak kelompok B TK Al khairiyah ramanuju kecamatan Citangkil kelurahan Citangkil kota Cilegon. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 15 anak. Data tentang perkembangan sains permulaan kelompok B dikumpulkan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan metode kualitatif dan data hasil statistik meggunakan metode kuantitatif. Hasil analisis data menunjukan setelah penerapan metode proyek terjadi peningkatan kemampuan sains permulaan kelompok B pada pra siklus 25%, siklus I sebesar 37% dan pada siklus II meningkat sebesar 64%. Sehingga dalam siklus II termasuk dalam kriteria keberhasilan tindakan sebesar 60%. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan kemampuan sains permulaan kelompok B pada TK Al Khairiyah Ramanuju Cilegon

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAtikah, Cucu196612271992032001
Thesis advisorKusumawardani, Ratih198111205200822005
Additional Information: This study aims to (1) Knowing the process of implementing the project method in enhancing early science abilityb of Al Khairiyah Ramanuju Kindergarten group B Children, (2) Knowing early science ability of Al Khairiyah Ramanuju Cilegon city kindergarten group B cildren after applying the methode project. This research is a classroom action research conducted in two cycles. Subjects of this research were 15 children. Data od early science develoment group B was collected through observation, interview, and decumentation methode. Research data were analyzed using qualitative method and data of statistical results were analyzed using quantitative method. Results of the data analysis showed an increasing in the ability early sience group B 25% pre-cycle, the first cycle of 37% and the second cycle increased by 64%. So in the second cycle are included in the criteria for the success of the action by 60%. The results showed that an increase in the ability of early science in the kindergarten group B Al Khairiyah Ramanuju of Cilegon city.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan Sains Permulaan, Metode Proyek, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:02
Last Modified: 16 Aug 2022 10:34
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12573

Actions (login required)

View Item View Item