Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Melalui Multi Level Learning Pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Pada Perkalian Dan Pembagian

HOMISANI, ANI (2014) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Melalui Multi Level Learning Pada Pokok Bahasan Operasi Hitung Pada Perkalian Dan Pembagian. S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK MELALUI MULTI LEVEL LEARNING PADA POKOK BAHASAN.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya nilai kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas IV SDN Sukamulya I, sehingga nilai tes formatif yang didapatkan siswa pada pelajaran matematika juga rendah dan sikap siswa pada pelajaran matematika masih kurang. Hal ini disebabkan karena guru dalam kegiatan pembelajarannya masih bersifat monoton, maka diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik dalam kegiatan pembelajaran salah satunya yaitu dengan menggunakan teknik Multi Level Learning didalam pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik dan untuk meningkatkan sikap siswa melalui Multi Level Learning didalam pembelajarannya. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan dua siklus, tiap siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.data yang dikumpulkan berupa tes, dan angket. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Sukamulya I Kec. Sukamulya Kab. Tangerang. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan Multi Level Learning didalam pembelajarannya dapat meningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, hal ini ditunjukkan dengan perolehan nilai kemampuan pemecahan masalah matematik siswa mengalami peningkatan siklus I sebesar 68,554, dan pada siklus II menjadi 79,882. Pada persentase ketuntasan belajar secara klasikal juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 28,152% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 90,625%. Sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung juga mengalami peningkatan siklus I sebesar 69,430%, dan siklus II 85,588%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran melalui Multi Level Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik, dan sikap siswa pada saat pembelajaran juga meningkat. Hal tersebut dapat dilihat pada pernyataan diatas.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAsih, Indihira196906292003122001
Thesis advisorNurhasanah, Ana197410182006042009
Additional Information: This research was motivated by the low value of mathematical problem solving ability Elementary School fourth grade studen Sukamulya I, so that the values obtained at math student also low and attitudes of student in math is still lacking. This is because the teacher in the learning activities they are monotonous, then applied a model of learning that can enhance mathematical problem solving ability in one of the learning activivities using the techiques of Multi Level Learning in learning. The purpose of this research is to improve the ability of solving mathematical problem and to improve student attitudes through Multi Level Learning in leraning. This research method is classroom action research is done in two cycles, each cycle includes: planning, implementation, observation ang refleksi. Data collected in the form of test, and questionnaires. This research was conducted in SDN Sukamulya I district, Tangerang regency. The subject of this study were fourth graders. The results of this study show that by using Multi Level Learning in leraning can improve student mathematical problem solving ability, as shown by the acquisition value og mathematical problem solving ability of student has increased firts cycle of 68,554, and 79,882 in the second cycle becomes. On the percentage of mastery learning in classical also increased from the first cycle of 28.152% in crease in cycle II to 90,625%. Attitude of student during the learning process takes place also increased first cycle of 69.430%, 85.588% and school cycle. Conclusion of this research is the application of the learning model throught a Multi Level Leraning can enhance mathematical problem solving ability, and attitude of the student during the learning is also increasing. This can be seen in the above statement.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : kemampuan pemecahan masalah matematik, teknik Multi Level Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:02
Last Modified: 16 Aug 2022 10:30
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12572

Actions (login required)

View Item View Item