Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PEMBELAJARAN TARI KREASI (Penelitian Tindakan Kelas Di TK An Najah Kota Serang, Banten)

RAHMAWATI, DEWI (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PEMBELAJARAN TARI KREASI (Penelitian Tindakan Kelas Di TK An Najah Kota Serang, Banten). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PEMBELAJARAN TARI KREASI.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan motorik adalah perkembangan pengendalian gerakan jasmaniah melalui kegiatan pusat syaraf, urat syaraf dan otot yang terkordinasi. Anak memiliki banyak kemudahan dalam menerima stimulus yang akan berpengaruh pada kemampuan motorik kasarnya. Salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak yaitu pembelajaran tari kreasi. Pembelajaran tari kreasi dipilih karena sesuai dengan karakteristik anak yang suka bergerak mengikuti irama. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak usia 4-5 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian terdiri dari 10 anak TK An Najah Kota Serang yang berlokasi di Perum Taman Widya Asri Blok FF/22 Kota Serang, Banten. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara, catatan lapangan dan catatan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan 2 siklus yaitu siklus I terdiri dari 8 kali tindakan dengan melakukan gerak tari dibantu oleh guru dan siklus II terdiri dari 3 kali tindakan dengan melakukan gerak tari tanpa dibantu oleh guru. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1) pada pra penelitian kemampuan motorik kasar anak 12%, 2) setelah anak diberikan tindakan pada siklus I, kemampuan motorik kasar anak meningkat menjadi 19%, 3) pada siklus II diperoleh hasil sebesar 77%. Dengan demikian, motorik kasar anak sudah meningkat dan berada pada taraf berkembang sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa melalui pembelajaran tari kreasi dapat meningkatkan kemampuan motorik anak usia 4-5 tahun di TK An Najah

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorPermanasari, Alis Triena198205302006042001
Thesis advisorSayekti, Tri197503222008122001
Additional Information: Motoric development is a development to control body movement through a cental nerve activity, tendon nerve, and muscle that coordinate each other. The children have many way to accept stimulus easily that will be gave impact to their rude motoric ability. One of the activity to improve children’s gross motor skill is dance creation learning. The dance creation learning choosen because it is suitable with the caracteristic of children who like moving follow to rhythm. The purpose of this research if to improve children age 4-5 year’s gross motor skill. The method of this research is Class Action Research (CAR). The subject of this research consist of 10 children TK An Najah Serang City that located at Perum Taman Widya Asri Block FF/22 Serang City, Banten. The way to collect the data are observation, interview, notes, and documentation. This research was carried 2 cycles, there are the first cycle consist of 8 time the action by performing dance assisted by teacher and the second cycle consist of 3 time the action by performing dance unassisted by teacher. The result of this research are: 1) pre research children’s rude motoric ability 12%, 2) after the children get a treatment in the first cycle, the children’s gross motor skill to be increase 19%, 3) in the second cycle, the result get 77%. So, children’s rude motoric already improved and the level of developing verry well. It can be concluded that through dance creation learning that improve children age 4-5 year’s motoric ability in TK An Najah.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kemampuan motorik kasar, anak usia dini, dan pembelajaran tari kreasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:02
Last Modified: 16 Aug 2022 10:27
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12571

Actions (login required)

View Item View Item