Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF ( Penelitian Tindakan di TK Negeri Pembina Kabupaten Tangerang)

Ayundarani, Dwininda (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN KARTU HURUF ( Penelitian Tindakan di TK Negeri Pembina Kabupaten Tangerang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di TK Negeri Pembina Kabupaten Tangerang, terdapat beberapa anak di kelompok B yang belum mampu mengenal huruf, khususnya huruf-huruf konsonan.Sehingga mereka masih sering mengalami kesulitan dalam merangkai dan membaca kata.Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui proses dan hasil peningkatan kemampuan membaca anak melalui permainan kartu huruf.Pada pra penelitian anak usia dini di TK Negeri Pembina, didapatkan kemampuan membaca anak masih rendah dengan 23%. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan, yang dilakukan dengan 2 siklus. Dimana pada siklus I terdiri dari 8 kali tindakan, namun dikarenakan peningkatan dari kemampuan membaca anak yang belum signifikan, maka penelitian pun dilanjutkan ke siklus II yang terdiri dari 4 kali tindakan, perbedaan dari jumlah tindakan ini dikarenakan pada pertemuan ke 4 siklus II, kemampuan membaca anak sudah meningkat dengan baik, dengan kriteria keberhasilan tindakan sebesar 75%. Subjek penelitian berjumlah 10 anak.Teknik pengumpulan data melalui observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan analisis data.Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Validasi data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pengecekan/diskusi teman sejawat. Dari hasil penelitian ini diketahui, bahwa : 1) pada penilaian awal siklus I, kemampuan anak mulai meningkat menjadi 46%, 3) siklus II memperoleh hasil 76%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun yang dilakukan di TK Negeri Pembina Kabupaten Tangerang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFatimah, Atin197903082006042001
Thesis advisorSayekti, Tri197503222008122001
Additional Information: Based on the observation that has been doneby research in TK Negeri Pembina Kabupaten Tangerang, there were some children in group B were not able to recognize letters, especially consonants. So they were still had difficulty in assembling and read the word. The aim of this study is to determine the process andthe resulting increase reading skills of children through letters card game. In the pre-study inTK Negeri Pembina, child's reading ability was still low at 23%. The method used in this research usedan Action Research, conducted bytwo cycles. The first cycle consist of 8 meetings, but due to the increase of the reading skills of children who have not been significant, the study was continued into the second cycle consists of 4 meetings the action, the difference of the amount of this action at a meeting due to a 4 second cycle, the child’s reading ability was increased well, with success criteria action by 75%. The subjects consists of 10 children. Data collecting technique used observation, field notes, interviews, documentation and analysis of data. Data analysis used reduction data, presentation and conclusion. Validatydata has done by way of an extension of the participation, persistence observation, triangulation, and checking / discussion colleagues. The results of this research note, that: 1) the preliminary assessment of the first cycle, the ability of the child begins to increase to 46%, 3) the second cycle to obtain the results of 76%. It can be concluded that the letter card game can improve reading skills of children aged 5-6 years who performed at TK Negeri Pembina Kabupaten Tangerang.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kemampuan Membaca , Permainan Kartu Huruf.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:02
Last Modified: 16 Aug 2022 10:15
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12568

Actions (login required)

View Item View Item