Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Ekperimen pada Kelas VIII SMP Islam Daarul Yaqiin )

Jumaidah, Jumaidah (2014) PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP (Penelitian Kuasi Ekperimen pada Kelas VIII SMP Islam Daarul Yaqiin ). S1 thesis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

[img] Text
PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA S.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 2014.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan serta penerapan metode yang masih berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah 1). kemampuan siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional 2). peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Daarul Yaqiin Kota Serang pada semester 2 tahun ajaran 2013-2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Penarikan sampel menggunakan cluster random sampling diambil dua kelas dari empat kelas yang ada. Data diperoleh dari data pretes, postes dan gain. Analisis data diperoleh dengan menggunakan data statistik deskriftif dan data statistik inferensial. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini adalah 1). kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. 2). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode problem solving lebih baik daripada siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional,

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorNovaliyosi, Novaliyosi198009242006042002
Thesis advisorAsih VY, Indhira196906292003122001
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Metode Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 84202-Jurusan Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 13 Apr 2022 15:16
Last Modified: 13 Apr 2022 15:16
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12567

Actions (login required)

View Item View Item