Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Roudhotul Fitri Serang)

Prihatini, Suci (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 4-5 TAHUN (Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Roudhotul Fitri Serang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN BENTUK GEOMETRI ANAK USIA 4-5 TAHUN word.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan kognitif adalah proses yang terjadi secara internal di dalam pusat susunan syaraf pada waktu manusia berpikir. Salah satu bentuk kemampuan kognitif adalah anak dapat mengenal bentuk geometri. Untuk memperkenalkan bentuk geometri pada anak dapat melalui kegiatan bermain geometri. Bermain geometri merupakan suatu aktivitas yang dilakukan secara langsung dengan senang atau gembira dan menggunakan bentuk-bentuk geometri yang terbuat dari berbagai bahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif melalui permainan benda bentuk geometri pada anak kelompok A di PAUD Roudhotul Fitri Serang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus. Tiap siklus dilakukan secara berdaur yang terdiri dari 4 tahap yaitu : perecanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diambil melalui observasi di kelas. Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan, maka diperoleh hasil bahwa melalui kegiatan permainan benda bentuk geometri kemampuan kognitif anak pada siklus 1 adalah sebesar 42%, Sedangkan pada siklus 2 menjadi sebesar 77%. Kemampuan yang ditunjukkan anak pun berubah setelah diberikan tindakan. Anak lebih senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta semakin percaya diri dalam mengenal geometri. Untuk itu dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian dinyatakan berhasil

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAtikah, Cucu196612271992032001
Thesis advisorFatimah, Atin197903082006042001
Additional Information: The cognitive ability is a process that happens internally in the main of nerve structure when humans are thinking. One of type in cognitive abilities is recognizing the geometry shape. To introduce the geometry shape to children can use playing geometry. Geometry playing is an activity that done directly, happily, and using shapes of geometry that made from various material. The purpose of this research is to know the cognitive ability rising through playing geometry action for group A in PAUD Roudhotul Fitri Serang. The research was classroom action research that comprised two cycles. Every cycle was done frequently that contained 4 stages: plannind, action, observation and reflection. The research data was taken through observation in class.Based on he data research analysis and study it show that through playing geometry the cognitive ability of child in cycle I was about 42% and in cycle II became about 77%. The ability that showed by children was different after an action. The child was happier and enthusiastic in following learning action and more confidence recognizing geometry. It can be concluced that the research was successfully clarified
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : kemampuan kognitif, permainan geometr
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:02
Last Modified: 16 Aug 2022 10:05
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12565

Actions (login required)

View Item View Item