Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PEMBELAJARAN SAINS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Tindakan Kelas di TK Tunas Merak Pandeglang)

DIDA SISWANTI, MITA (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PEMBELAJARAN SAINS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Tindakan Kelas di TK Tunas Merak Pandeglang). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PEMBELAJARAN SAINS PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Kondisi dalam proses pembelajaran yang terlihat dari anak kelompok B di TK Tunas Merak Pandeglang, masih belum adanya respon yang baik terkait kegiatan yang dapat meningkatkan kemampuan kognitifnya. Hal ini disebabkan oleh guru hanya memberikan pembelajaran melalui berhitung, menulis dan membaca saja tanpa adanya media sumber belajar yang terbatas, guru jarang sekali menggunakan pembelajaran sains dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak, sehingga mengakibatkan ketidak seimbangan anak dalam proses berpikir, dan metode yang digunakan dalam proses pembelajaran kurang bervariasi sehingga mengakibatkan anak pasif. Salah satu kegiatan yang dapat meningkatan kemampuan kognitif anak adalah pembelajaran sains. Pembelajaran sains dipilih karena sesuai dengan karakteristik anak yang suka bereksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian terdiri dari 10 anak di TK Tunas Merak Pandeglang yang berlokasi di Jl. Raya Pandeglang, Cigadung, Kecamatan Karang Tanjung Pandeglang, Banten. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, catatan lapangan dan catatan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan 2 siklus yaitu siklus I terdiri dari 8 kali tindakan dan di siklus II terdiri dari 2 kali tindakan. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: 1) Pada pra penelitian kemampuan kognitif anak 22%, 2) Setelah anak diberikan tindakan pada Siklus I, kemampuan kognitif anak mulai meningkat menjadi 43%, 3) pada Siklus II, diperoleh hasil sebesar 87%. Dengan demikian, kemampuan kognitif anak sudah dapat meningkat dan berada pada taraf berkembang sangat baik. Maka dapat disimpulkan, bahwa melalui pembelajaran sains dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Tunas Merak Pandeglang.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorAtikah, Cucu196612271992032001
Thesis advisorTriena, Alis198205302006042001
Additional Information: Conditions in the learning process of the children seen in group B Tunas Merak Pandeglang kindergarten, still lack a good response-related activities that can improve cognitive abilities. This is caused by the teacher only provide learning through math, writing and reading without any media learning resources are limited, the teacher rarely uses science learning in improving the cognitive abilities of children, resulting in an imbalance in the child's thought processes, and methods used in the process learning less varied, resulting in a passive child. One of the activities that can improve the cognitive abilities of children are learning science. Learning science been selected according to the caracteristics of children who like to experiment. This study aims to improve the cognitive abilities of children aged 5-6 years. The method used is a Class Action Research. Subjects consisted of 10 children in Tunas Merak Pandeglang kindergarten, located on Jl. Raya Pandeglang, Cigadung, Karang Tanjung Padeglang, Banten. Technique data collecting by observation, interviews, field notes and documentation notes. The research was carried bye two cycles of the first cycle consists of 8 time the action and in second cycle consists of 2 times the action. The results of this study found that: 1) A In the pre-study cognitive abilities of children 22%, 2) After the child is given the actions in Cycle I, a son of cognitive abilities begin to rise to 43%, 3) in cycle II result of 87%. Thus, a child’s cognitive ability has been increased and is growing at a very good level. It can be concluded, that through science learning can enhance the cognitive ability a children aged 5-6 years in Tunas Merak Pandeglang kindergarten.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Kemampuan Kognitif, Pembelajaran Sains, Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:02
Last Modified: 16 Aug 2022 09:55
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12564

Actions (login required)

View Item View Item