Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS MELALUI BERMAIN BALOK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Tindakan di TK Negeri Pembina Grogol)

Nurhudaefah, Dewi (2015) PENINGKATAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS MELALUI BERMAIN BALOK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN (Penelitian Tindakan di TK Negeri Pembina Grogol). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
PENINGKATAN KECERDASAN LOGIS MATEMATIS MELALUI BERMAIN BALOK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Kecerdasan logis matematis anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Grogol masih rendah. Hal ini disebabkan oleh pembelajaran yang menekankan berpusat pada guru, guru dengan spontan memberikan tugas tanpa memberikan pilihan kegiatan pada anak, guru selalu menggunakan majalah atau lembar kerja siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika sehingga anak mengalami kesulitan dalam memahami konsep dasar pengembangan matematika. Kegiatan bermain balok diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan logis matematis anak dalam proses pembelajaran sehingga dalam proses belajar mengajar itu aktivitas pembelajaran tidak terjadi kejenuhan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan yang dilakukan dengan 2 siklus, siklus I terdiri dari 8 kali tindakan dan 3 kali tindakan di siklus II, dengan kriteria keberhasilan tindakan 76%. Subjek penelitian berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data melalui pengamatan, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Validasi data dilakukan dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan penelitian, triangulasi dan diskusi teman sejawat. Hasil penelitian ini diketahui bahwa, 1) pada asesmen awal kecerdasan logis matematis 25%, 2) Setelah anak diberikan tindakan siklus I, kemampuan anak mulai meningkat menjadi 53%, 3) Siklus II diperoleh hasil sebesar 81%. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain balok dapat meningkatkan kecerdasan logis matematis anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina Grogol.

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorFatimah, Atin19793082006042001
Thesis advisorSayekti, Tri197503222008122001
Additional Information: Intelligence of Logical mathematical children aged 5-6 years in Kindergarten Pembina Grogol still low. It is caused by that emphasizes learning centered on the teacher, the teacher gives a task spontaneously without giving a choice activities for children, teachers always use a magazine or worksheet students in mathematics learning activities so children have difficulties in understanding the basic concepts of mathematics development. Blocks play activities is expected to increase intelligence of logical mathematical children in the learning process, so the learning process does not occur saturation in learning activity. The method in this study used two cycle as action research, the first cycle consists of 8 times and 3 times on cycled II, with success criteria action is 76%. Subjects of the research is 10 children. Technique of collecting data is observation, field notes, interviews and documentation. Data analysis using data reduction, data presentation and conclusion. Data validation done by prolongation observation, increased diligence research, triangulation and child discussion. Results of this research are, 1) the initial assessment of logical mathematical intelligence 25%, 2) After child given first cycle of action, ability increase to 53%, 3) Cycle II obtained yield 81%. It can be concluded that the activity play blocks can improve logical mathematical intelligence of children aged 5-6 years in Kindergarten Pembina Grogol
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Kecerdasan Logis Matematis, Bermain Balok, Anak Usia 5-6 Tahun
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86202-Jurusan Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:03
Last Modified: 16 Aug 2022 09:45
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12563

Actions (login required)

View Item View Item