Search for collections on EPrints Repository UNTIRTA

PENINGKATAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET B PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN PANDEGLANG (Penelitian Tindakan Kelas)

HOERATUNISA, EUIS (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET B PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI METODE TUTOR SEBAYA DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN PANDEGLANG (Penelitian Tindakan Kelas). S1 thesis, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA.

[img] Text
Peningkatan Hasil Belajar Warga Belajar Paket B pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SKB Kabup.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Hasil belajar warga belajar paket B di SKB Kabupaten Pandeglang tergolong masih rendah karena model pembelajaran yang diteraplan oleh guru masih kurang variatif sehingga warga belajar merasa bosan dan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia pun rendah. Guna mengatasi permasalahan tersebut diperlukan suatu model pembelajaran yang lebih variatif yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar warga belajar paket B pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SKB Kabupaten Pandeglang dan untuk mengetahui respon warga belajar terhadap pelaksanaan model pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang ditempuh dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua kali pertemuan. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah warga belajar paket B di SKB Kabupaten Pandeglang yang berjumlah 25 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengukur hasil belajar berupa tes tertulis pada setiap akhir pembelajaran, instrumen APKG 1 dan APKG 2 untuk mengamati kinerja guru pada tahap perencanaan dan pelaksanaan, instrumen lembar observasi aktivitas belajar warga belajar untuk mengamati aktivitas belajar warga belajar dan instrumen angket yang digunakan untuk mengetahui respon warga belajar terhadap penerapan metode tutor sebaya pada pelajaran bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menerapkan metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar warga belajar, pada siklus I terdapat 10 orang yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), pada siklus II meningkat sejumlah 100% warga belajar yang telah mencapai KKM. Pembelajaran dengan metode tutor sebaya juga dapat meningkatkan aktivitas belajar warga belajar yang meliputi tiga aspek, yaitu perhatian, keaktifan dan motivasi belajar, persentase aktivitas belajar warga belajar dari siklus I sebesar 56% meningkat menjadi 92% pada siklus kedua dan berada pada rentang skor sangat tinggi. Hasil respon warga belajar terhadap pelaksanaan metode tutor sebaya dalam meningkatkan hasil belajar juga mendapat respon positif. Hal ini membuktikan dari hasil distribusi angket pada akhir siklus, warga belajar sangat menyukai pembelajaran dengan metode tutor sebaya

Item Type: Thesis (S1)
Contributors:
ContributionContributorsNIP/NIM
Thesis advisorSuherman, Suherman195902141985031003
Thesis advisorSholih, Sholih196006141987020002
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : metode tutor sebaya, mata pelajaran bahasa indonesia, hasil belaja
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: 02-Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > 86206-Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Apr 2022 14:03
Last Modified: 16 Aug 2022 09:38
URI: http://eprints.untirta.ac.id/id/eprint/12561

Actions (login required)

View Item View Item